Share

Ups! Mug Copper Terkenal Ini Ternyata Berbahaya, Kira-Kira Kenapa Ya?

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 10 Agustus 2017 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 298 1752912 ups-mug-copper-terkenal-ini-ternyata-berbahaya-kira-kira-kenapa-ya-4OHIbEF0JH.jpg Mug Copper (Foto: Foxnews)

BERTINDAK waspada dan hati-hati demi menjaga kesehatan tubuh, di zaman sekarang ini rasanya memang semakin bertambah sulit.

Hal di atas menjadi semakin sulit, bukan hanya harus dilakukan pada pola asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Akan tetapi juga sampai kepada alat-alat saji yang digunakan, karena alat-alat makan yang biasa dipakai sehari-hari pun bisa menjadi sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang terjadi pada kasus mug cocktail terkenal baru-baru ini. Ya, sebagaimana dikutip Thedailymeal, Kamis (10/8/2017) baru saja dilaporkan bahwa mug alias gelas saji dari minuman cocktail klasik yakni Moscow Mule yang biasa disebut copper mug ini disinyalir berbahaya karena mengandung racun.

BACA JUGA:

Ini 3 Alat Dapur yang Paling Sering Tidak Dipakai

Mesin Pencuci Piring atau Cuci Piring dengan Tangan, Mana Lebih Baik?

Disebutkan lebih lanjut bahwa menurut keterangan yang dinyatakan oleh Alcoholic Beverages Division di Iow, menyebutkan bahwa tidak boleh ada minuman dengan kadar pH level di bawah 6.0 seperti misalnya lime, cuka, jus buah, dan wine disajikan dengan copper mug tersebut. Di mana secara otomatis, larangan tersebut berlaku bagi minuman cocktail klasik Moscow Mule yang terbuat dari campuran vodka, air perasan jeruk nipis, dan bir jahe serta lengkap dengan lime sebagai garnish atau hiasan, tidak boleh disajikan dengan menggunakan gelas copper mug.

Larangan ini dikeluarkan, karena gelas copper mug tersebut hadir dengan kandungan konsentrat yang tinggi. Faktor inilah yang bisa membuat minuman yang tersaji di copper mug tersebut, bisa berubah menjadi minuman beracun dan mengakibatkan terjadinya "foodborne illness" yaitu sebuah penyakit yang muncul karena mengonsumsi makanan atau minuman yang telah tercemar.

BACA JUGA:

5 Hal Tidak Boleh Dilakukan dengan Sumpit

Sepenggal Kisah tentang Kotak Makan

Lebih lanjut dijelaskan bahwa ketika bahan copper bertemu atau terkena kontak dengan jenis makanan atau minuman yang bersifat acidic (asam) maka kandungan mineral di dalam bahan material copper akan ikut larut termasuk ke dalam konten makanan atau minuman tersebut. Namun, jangan khawatir berlebihan dulu, karena sejauh ini alat-alat makan copper dengan material bahan nickel atau stainless steel dikatakan tetap aman untuk digunakan seperti biasa.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini