nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Yuk Aktivitas Pasar Jimat Terbesar di Dunia

Tentry Yudvi, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 09 406 1752709 intip-yuk-aktivitas-pasar-jimat-terbesar-di-dunia-6bzaIahasy.jpg Pasar Jimat Terbesar di Dunia Ada di Togo, Afrika (foto: Angelica Calabrese)

ANDA mungkin pencinta hal-hal mistis yang doyan mengoleksi jimat-jimat dari berbagai dunia. Nah, jika ingin menambah koleksi, cobalah mengunjungi pasar Akodessewa Fetish di Lome, Togo, Afrika Barat.

Di sini Anda bisa menemukan beragam jimat pelindung dari beragam bentuk. Dari mulai kulit beruang, tanduk badak, kulit cobra hingga jimat suci. Pasar ini bahkan menjadi pasar jimat terbesar di dunia dan unik untuk dikunjungi selama traveling di Afrika Barat.

(Baca Juga: Surga "Hijau" di Kota Pahlawan, dari Taman Sakura hingga Hutan Bambu)

(foto: Angelica Calabrese)

Pasar Akodessewa bagi penduduk lokal banyak dikenal sebagai farmasi dari kepercayaan Voodoo. Di mana benda-bendanya memiliki fungsi sebagai pelindung, peraih rejeki hingga penyembuh sakit.

Namun, pasar ini memiliki perbedaan ketimbang pasar jimat di seberang Togo, di sana mereka menjual kepala leopard, tulang anjing, dan jamu herbal rahasia yang bisa dibeli setiap hari. Sebelum membeli wisatawan harus konsultasi terlebih dahulu bersama dukun. Barulah membeli obat yang cocok untuk jenis cobaan yang dihadapi.

(Baca Juga: Pulau Piano, Tempat Pertama Musik Klasik nan Romantis Dimainkan)

(foto: Angelica Calabrese)

Voodoo sendiri merupakan agama animisme yang masih diyakini oleh penduduk lokal Afrika Barat. Penyebaran keyakinan tersebut pun sampai di Atlantis, Haiti hingga Brasil ketika perdagangan budak terjadi.

Dalam kepercayaan mereka, mereka memiliki 20 dewa dan setiap dewa akan berkomunikasi dengan dukun melalui mimpi, cangkang kerang, dan banyak lagi.

(Baca Juga: Mengabdikan Diri pada Lingkungan, Wanita dari Suku Boishnoi Wajib Menyusui Anak Rusa)

Beberapa abad berlalu, pembeli bisa kembali konsultasi dengan dukun jika jimat yang diberikan tidaklah ampuh. Anda bahkan diberikan garansi kembali ketika sudah membeli jimat. Tentu saja ini menjadi atraksi menarik wisatawan dunia.

(foto: Angelica Calabrese)

Tak hanya itu, Pasar jimat ini juga sudah berusia cukup lama yakni ketika pemerintahan Kerajaan Dahomey di tahun 1863. Sejak saat itu, pasar ini menjadi tempat terbaik untuk mencari jenis-jenis jimat.

Kini, pasar memberikan pengunjung kesempatan untuk mengenal lebih dalam mengenai kepercayaan Voodoo. Dilansir dari Atlasobscura, Rabu (9/8/2017). Anda pun bahkan bisa melihat ritual serta cara mereka membuat jimat.

(Baca Juga: Buruan Menginap di Hotel Es Swedia Sebelum Mencair Lho!)

Cara terbaik untuk pergi ke sini adalah menggunakan ojek. Anda akan melewati jalanam berdebu dan kumuh hingga tiba di lokasi. Banyak benda-benda aneh yang diambil dari hewan ketika menelusuri seluk beluk pasar.

(foto: Angelica Calabrese)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini