Batasi Penggunaan Lensa Kontak, Luka Bola Mata Dapat Diminimalisir

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 481 1752364 batasi-penggunaan-lensa-kontak-luka-bola-mata-dapat-diminimalisir-TLCrb1MP71.jpg Lensa Kontak (Foto: Eye and Lasik Center)

APA pertimbangan yang Anda lakukan saat memilih antara kacamata atau lensa kontak? Keduanya memang bisa menjadi pilihan Anda saat kondisi penglihatan sudah memerlukan bantuan khusus.

Namun, bila selama ini Anda cenderung memilih lensa kontak sebagai andalan, ada beberapa hal yang harus kembali Anda perhatikan. Termasuk kondisi satu ini yang ternyata penggunaan lensa kontak ini memiliki kemungkinan besar terjadinya iritasi dan luka pada bola mata.

Penggunaan lensa kontak sendiri dianjurkan oleh dokter spesialis mata pada pasien dengan kondisi miopi yang cukup parah, sehingga membutuhkan kacamata minus yang sangat tebal, menyebabkan objek terlihat kecil. Lensa kontak dapat membantu Anda yang mengalami kondisi tersebut untuk membuat objek terlihat lebih proporsional.

 (Baca Juga: Ingin Cepat Langsing? Lari Mundur Bisa Jadi Solusinya)

Di luar dari manfaatnya tersebut untuk membantu penglihatan Anda, dokter pun sebenarnya menganjurkan untuk menghindari pemakaian lensa kontak. Dijelaskan Dokter Spesialis Mata Dr Bangkit Damayanti, bagi Anda yang masih belia, pemeliharaan lensa kontak yang menuntut kebersihan dan kestrelian mungkin sulit untuk dilakukan.

 (Baca Juga: Anti Mainstream! Ternyata Lari Mundur Lebih Sehat daripada Lari Maju)

Sedangkan bagi Anda yang sudah dewasa, kondisi mata yang cenderung kering seiring bertambahnya usia, menyebabkan ketidaknyamanan saat menggunakan lensa kontak. "Dalam kondisi ini sebaiknya meminimalisir penggunaan lensa kontak dan cukup gunakan kacamata. Bila ingin menggunakan lensa kontak sebaiknya imbangi dengan penggunaan obat tetes mata bila mata terasa kering," ujar dr Bangkit.

 (Baca Juga: Fakta Unik tentang Olahraga Lari yang Jarang Diketahui)

Dr Bangkit coba memberikan solusi untuk Anda yang masih ingin bertahan dengan pemakaian lensa kontak. "Sebaiknya memilih lensa kontak dengan jangka waktu pemakaian yang pendek, untuk kemudian diganti dengan lensa kontak baru," tambahnya.

Semakin pendek jangka waktu pemakaian, semakin baik karena permukaan mata dapat bernapas. Dengan membatasi penggunaan lensa kontak dealam jangka waktu pendek ini akan mengurangi terjadinya iritasi dan luka pasa bola mata pun dapat dikurangi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini