Berikut Sayuran yang Malah Memperburuk Kondisi Asam Urat, Brokoli Contohnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 481 1752809 berikut-sayuran-yang-malah-memperburuk-kondisi-asam-urat-brokoli-contohnya-OTtwgnehEv.jpg Asam Urat (Foto: Ist)

MEMILIKI ketertarikan khusus pada sayuran? Itu adalah hal yang sangat baik. Tapi, ternyata tak selamanya sayuran itu baik untuk kesehatan, loh. Pada beberapa orang, mengonsumsi sayuran tertentu malah bisa memperburuk kondisi kesehatannya.

Sebut saja penderita batu ginjal. Ternyata, penderita masalah ini cukup picky dalam hal sayuran apa yang harusnya mereka santap. Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM, biasanya para penderita batu ginjal memiliki kadar asam urat tubuh yang cukup tinggi.

(Baca Juga: Berbagai Hal yang Membuat Anda Terkena Penyakit Asam Urat)

Nah, ada beberapa sayuran yang bersifat memperburuk kondisi asam urat tersebut. Dr Hardianto menjelaskan, sayuran tersebut adalah brokoli, kubis, dan buncis. "Jenis sayuran tersebut bisa memicu timbulnya gejala sakit asam urat. Yang nantinya bisa berakibat pada ginjal," tuturnya saat ditemui Okezone di Plaza Senayan, belum lama ini.

Dr Hardianto melanjutkan, ada juga beberapa sayuran yang kurang baik pada sebagian orang. Adalah bayam. Di bayam itu terkandung senyawa bernama oksalat. Nah, salah satu pembentuk batu ginjal juga adalah oksalat. "Jadi, pada orang-orang yang sudah punya risiko batu ginjal, mengonsumsi bayam malah akan memperburuk kondisi kesehatannya," tambahnya.

(Baca Juga: Meskipun Mirip, Begini Cara Mudah Bedakan Asam Urat dan Pseudogout)

Tapi, dua masalah itu tidak melulu diperparah karena sayuran. Ada hal lain yang bisa membuat orang dengan penyakit itu kondisinya semakin buruk. Sebut saja masalah gagal ginjal. "Mereka yang terlalu banyak mengonsumsi vitamin C terlalu tinggi pun rentan terserang masalah tersebut," papar Dr Hardianto.

Makanya, ketika Anda diharuskan untuk mengonsumsi vitamin C, dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air putih. Salah satunya adalah agar kondisi ginjal Anda tidak bermasalah. Sebab, dosis vitamin C yang tinggi akan melukai ginjal Anda.

(Baca Juga: Tips Cegah Asam Urat dan Encok saat Lebaran)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini