FOOD PARTY: Saatnya Manjakan Lidah, yang Bernyali Wajib Jajal Paniki, Butuh yang Nyaman di Perut Ada Soto

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 10 298 1753582 food-party-saatnya-manjakan-lidah-yang-bernyali-wajib-jajal-paniki-butuh-yang-nyaman-di-perut-ada-soto-cAIF7QLzOj.jpg Paniki makanan khas Manado (Foto:Devi/Okezone)

 

INDONESIA dikenal dengan keanekaragaman kulinernya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Semua daerah memiliki keunikan sekaligus menawarkan varian rasa yang saling berbeda satu sama lain.

Akan jadi hal yang merepotkan rasanya jika harus mendatangi setiap daerah untuk mencicip kuliner khasnya. Lagi pula dibutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang tak sedikit untuk menyambangi setiap daerah. Solusinya gampang, cukup datangi festival kuliner Nusantara yang banyak dilakukan di berbagai kota besar di Indonesia.

Dengan datang ke festival kuliner, Anda bisa memanjakan mata sekaligus memperkaya pengetahuan rasa kuliner khas tanpa harus pergi ke daerah asalnya. Misalnya pada gelaran festival kuliner yang diadakan di salah satu mall di Jakarta Barat.

BACA JUGA:

Disalahgunakan untuk Iklan Pizza, Victoria Beckham Tempuh Jalur Hukum

URBAN FOOD: Jangan Jajan Gorengan di Luar, Bikin Sendiri di Rumah Risoles Makaroni & Daging Asap

Dalam festival kuliner bertajuk Kampoeng Legenda, berbagai kuliner lezat siap dicicip. Setiap perwakilan daerah menghadirkan kuliner lezat khas yang menjadi ikon daerah tersebut. Sebut saja gudeg khas Yogyakarta, sate padang, dodol dan nasi uduk khas Betawi, serabi hijau khas Rengasdengklok hingga paniki atau kelelawar yang populer sebagai santapan khas Manado.

 

Lani, perempuan yang dikenal sebagai Bu Rudy mengatakan festival kuliner penting digelar untuk melestarikan kuliner Indonesia. "Saya senang sekali ada acara ini, orang bisa makan dan kenal kuliner Nusantara. Jadi bisa cobain juga sambal Bu Rudy," katanya diselingi canda saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis (10/8/2017).

Dalam gelaran kuliner ini hadir 90 stand kuliner yang terdiri dari beragam klasifikasi mulai dari kuliner legendaris, ragam soto, ragam jajanan jadul hingga camilan. Ada 19 jenis soto yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia mulai soto betawi, soto garut, soto madura, soto tangkar, soto padang dan berbagai soto lainnya.

BACA JUGA:

Nikmatnya Nila Berselimut Lombok Ijo, Wajib Dicoba di Rumah Resepnya!

Hanya untuk Wanita, Bar di Jepang Beri Diskon Sesuai dengan Tinggi High Heels!

Tak hanya soto, Okezone menemukan beberapa kuliner menarik yang biasanya hanya bisa ditemui saat berkunjung ke daerah asalnya. Sebut saja gudeg yu djum, kupat tahu gempol Bandung, sate babi bawah pohon bali, nasi liwet wongso lemu solo, bale raos yogyakarta hingga rumah makan heng mien tinoor manado.

Sudah pernah mencoba semuanya atau kurang tertantang dengan kuliner khas yang biasa? Yuk berkunjung ke stand rumah makan khas Manado yang menyuguhkan makanan ekstrem khas Manado.

 

Paniki atau kelelawar bumbu santan siap menantang lidah Anda. Resto ini di Minahasa memang menyuguhkan sederet makanan khas Manado dan Sulawesi termasuk makanan berbahan daging ekstrem. Kali ini yang bisa dicoba adalah kelelawar.

Paniki yang sudah melewati serangkaian proses memasak ini diolah menggunakan bumbu dan rempah yang cukup banyak. Teknik pemasakannya yang tepat juga mempengaruhi rasa serta tekstur paniki. Menemukan olahan paniki di Jakarta tentu jadi hal sulit dan mungkin tak ada sama sekali. Mumpung panikinya tersedia, yuk cicip.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini