Share

Dambakan Anak Doyan Sayur, Pastikan Dulu Ibunya Setiap Hari Masak

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 11 Agustus 2017 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 10 298 1753731 dambakan-anak-doyan-sayur-pastikan-dulu-ibunya-setiap-hari-masak-GrrktSlZvK.jpg Anak susah makan sayur (Foto:Metro)

 

KELUHAN hampir semua ibu yang memiliki anak balita atau usia sekolah adalah si anak yang picky eat atau pemilih makanan. Makanan yang paling dihindari sebagian besar anak-anak tentu saja sayuran, padahal si kecil yang masih di tahap usia tumbuh kembang membutuhkan nutrisi dari sayuran.

Kebiasaan anak yang sering memilih makanan ternyata dimulai dari kebiasaan dan pola makan harian di rumah. Chef Ary Galih yang ditemui Okezone di Jakarta mengatakan selera makan seseorang ditentukan oleh makanan yang rutin disantap selama ia masih kecil.

BACA JUGA:

Bijak Santap Makanan Beku, agar Lebih Sehat Tambahkan Sayuran

Di Kafe Ini Pelanggan Pria Harus Bayar Makanan Lebih Mahal, Kenapa Ya?

"Nah selera orang ditentukan dari apa yang setiap hari dimakannya saat masih kecil. Lidah anak-anak kan belum banyak tersentuh rasa makanan, kalau dari kecil dibiasakan makan sayur dan buah otomatis lidahnya menerima dan akrab dengan rasa itu. Demikian juga kalau si anak selalu dicekoki makanan restoran, makanan cepat saji, makanan yang rasanya sangat gurih itu nantinya bikin lidah dia pahamnya hanya rasa gurih itu," beber Chef Ary.

Pria yang juga memiliki anak usia 6 tahun ini lebih lanjut menegaskan, jika anak mau makan makanan sehat seperti sayur, ibunya lah yang berperan penting. "Semua tergantung ibunya. Kalau ibunya fokus sama makanan anak, dia pasti kasih makan sayuran, makanan bergizi. Makanya kalau anak mau doyan makan sayur, pastikan ibunya masak setiap hari di rumah. Harus masak sendiri," lanjut Chef Ary.

Berbagai jenis sayuran punya peran masing-masing sebagai asupan gizi bagi tumbuh kembang anak. Kombinasi makanan bukan hanya penting bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Jika peran ibu mengolah dan menyajikan makanan sehat untuk buah hati, lalu apa peran ayah?

BACA JUGA:

WALK & WOK: 5 Kafe Paling Direkomendasikan untuk Mengenyangkan Perut saat Liburan di Hong Kong

URBAN FOOD: Lapar di Sore Hari Enaknya Diganjal Pakai Tahu Rambutan

Chef Ary menegaskan, sosok ayah juga harus turut andil mengajak buah hati makan sayuran. "Bapak-bapaknya bisa ngajak makan sambil bercerita. Jelasin ke anak kalau sayuran itu mengandung gizi yang bisa melawan bakteri. Kalau si anak enggak ngerti soal bakteri, gunakan istilah lain misalnya cacing. Sayuran bisa melawan cacing, kalau enggak makan sayur nanti cacingnya menggerogoti badan. Trik-trik seperti ini dijamin ampuh, anak itu pendengar dan peniru yang baik," beber suami designer ternama, Jenahara ini.

Satu hal lagi yang terpenting menurut Chef Ary, jangan membiasakan mengajak anak pergi ke mal untuk makan. Kebiasaan ini dianggap buruk karena mindset anak akan terlatih jika makan di mal rasanya pasti enak.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini