AWAS! Merokok Picu Terjadinya Multiple Kanker Kepala Leher

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 10 Agustus 2017 18:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 10 481 1753549 awas-merokok-picu-terjadinya-multiple-kanker-kepala-leher-nig4g6gJE1.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

SALURAN napas memegang andil yang cukup besar dalam masalah kanker kepala leher. Organ tubuh yang termasuk kelompok saluran pernapasan memiliki risiko yang cukup besar terhadap masalah ini.

Tak jarang pasien mengidap dua jenis kanker sekaligus dalam tubuhnya, khususnya pada bagian kepala leher. Hal tersebut terjadi salah satunya karena saluran napas memiliki jaringan yang cukup erat.

(Baca Juga: Sariawan Tak Kunjung Sembuh & Hidung Sering Mimisan, Waspada Kanker Kepala Leher!)

Dalam saluran napas itu juga terdapat kulit ari yang melapisi seluruh saluran napas. Nah, kalau kulit arinya ini terinfeksi, maka kemungkinan akan terjadinya gangguan kompleks dari kondisi tersebut. Salah satunya adalah multiple kanker kepala leher.

(Baca Juga: Mengenal Keganasan Kanker Nasofaring)

Mukosa atau lapisan lendir yang terdapat di jaringan saluran napas dijelaskan Dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk, M.Epid, sangat khas terhadap paparan yang diterima. Sebut saja terhadap paparan tembakau (merokok-Red).

"Rokok itu bisa memengaruhi perubahan yang terjadi pada mukosa. Jika terjadi, maka kondisi gangguan kesehatan bisa Anda alami. Ya, salah satunya adalah meningkatkan pertumbuhan sel kanker," ungkapnya.

(Baca Juga: Mengenal Kanker Kepala Leher, Si Pembunuh Berdarah Dingin yang Sulit Dideteksi)

Dr Sonar melanjutkan dengan adanya reaksi negatif dari rokok tembakau, kemungkinan besar terbentuknya anak sel di sekitar saluran pernapasan lain pun bisa terjadi. Misalnya saja kanker pada tiroid atau kanker hidung.

"Intinya, mukosa pada saluran pernapasan yang tercemar bisa membahayakan organ tubuh lainnya yang memiliki lapisan mukosa juga," tambahnya.

(Baca Juga: Cintai Orangtuamu, Jangan Titipkan ke Panti Jompo, Bisa Meningkatkan Risiko Kematian!)

Tidak hanya karena rokok, potensi pertumbuhan kanker lokal pun bisa disebabkan oleh pengawet, pewarna, atau perasa makanan. Itu disebabkan kandungan bahan-bahan tersebut merupakan pembangkit pertumbuhan kanker di tubuh manusia.

Kemudian, faktor tubuh yang kurang fit juga bisa memicu perkembangan multiple kanker terjadi. Salah satu faktornya adalah menurunnya sistem imun tubuh akibat nafsu makan penderita kanker kepala leher yang biasanya menurun. Tak hanya nafsu makan, untuk menelan saja biasanya penderita mengalami kesulitan.

"Kalau kondisi demikian sudah terjadi, kecepatan pengobatan pun dipastikan akan melambat. Selain itu, kemungkinan sembuhnya pun semakin jauh," pungkasnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini