Image

Keren! Kolaborasi Batik Jawa dan Warna Kain Makassar Tampil di Fashion Show Moskow

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 19:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 194 1754190 keren-kolaborasi-batik-jawa-dan-warna-kain-makassar-tampil-di-fashion-show-moskow-8jDlrSGOgk.jpg Batik (Foto: Instagram)

 PAMOR kebaya dan kain wastra Nusantara semakin mendunia dengan keterlibatan desainer ternama Ferry Sunarto di ajang Festival Indonesia Moskow.

Ya, Ferry kembali menampilkan karya terbaiknya yang terinspirasi dari kain batik Jawa dan keelokan warna kain Makassar pada 4-6 Agustus 2017.

Mengusung tema 'Fascination Indonesia', ia mengajak publik di Moskow, Rusia, untuk melihat lebih dekat pesona keberagaman budaya Indonesia melalui aneka kain batik Jawa dan permainan warna kain Makassar.

"Koleksi ini diharapkan bisa mengenalkan kain dan budaya Indonesia ke dunia internasional sehingga bisa diterima oleh selera fesyen ke masyarakat Rusia," kata Ferry Sunarto melalui siaran pers yang diterima Okezone.

BACA JUGA:

Modernisasi Kebaya dan Kain Batik Boleh Dilakukan, asal....

Cara Mudah Bedakan Batik Tulis, Cap dan Print

Ferry Sunarto menampilkan karya berjumlah 26 koleksi, yang terdiri dari 20 outfit wanita dan enam outfit pria. Koleksi Spring/Summer dari label Fersoen by Ferry Sunarto ini didominasi oleh warna-warna terang, seperti dusty blue, yellow mustard, champagne, fuchsia, dengan detail handmade dan embroidery. Siluet-siluet yang ditampilkan, yakni long dress, midi dress, jumpsuit dengan aksen outerwear, gaun berpotongan pas badan. Sementara, siluet untuk pria, yakni kemeja batik dan celana berpotongan lurus.

Perihal material bahan yang digunakan dalam koleksi ini, di antaranya adalah silk, linen, katun, sarung Sulawesi Selatan, hingga French lace. Ia juga bekerjasama dengan desainer Rinaldy A Yunardi untuk menyempurnakan para model Rusia dengan aksesori.

Melalui persembahan ini, Ferry berharap jerih payah dan cita-cita untuk mengubah imej kebaya dan batik tak lagi terkesan kuno dan berat, emlainkan menjadi sebuah rancangan yang lebih ringan dan berkelas.

"Harapannya bisa diterima dan dipakai oleh para pecinta fesyen di dunia hingga batik dan kebaya sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan bersama," kata desainer yang juga merupakan National Board Advisory Indonesian Fashion Chamber itu.

 

BACA JUGA:

Cara Unik Mengenakan Batik dengan Aplikasi Patch Work

Keindahan Bromo yang Tertuang dalam Batik Kombinasi

Selain menampilkan karya-karyanya, Ferry juga diberi kepercayaan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Moskow, M. Wahid Supriyadi, untuk menjadi show director 22 partisipan fashion show yang mewakili beberapa provinsi di Indonesia. Mayoritas partisipan fashion show dari UMKM yang tentunya bertujuan untuk mempromosikan karya anak bangsa serta memajukan pariwisata Indonesia.

Ini bukan kali pertamanya Ferry Sunarto memamerkan karyanya di Moskow, Rusia. Setahun yang lalu, Ferry juga ditunjuk melakukan fashion show dalam acara yang sama. Tahun lalu, Ferry menampilkan karya masterpiece yang terinspirasi dari kebaya, khususnya kebaya dan tenun Bali.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini