Disimpan Lebih dari 100 Tahun di Antartika, Cake Buah Ini Tetap Utuh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 298 1754200 disimpan-lebih-dari-100-tahun-di-antartika-cake-buah-ini-tetap-utuh-K3H6akyVJO.jpg Fruit cake (Foto: Foxnews)

 KEJADIAN atau peristiwa ajaib memang bisa terjadi pada banyak hal, di mana terkadang sesuatu yang menakjubkkan tersebut sulit diterima dengan akal logika.

Misalnya saja yang terjadi pada kue satu ini, jika sebuah kue biasanya memiliki batas waktu tertentu untuk bisa tetap berbentuk, akan tetapi hal ini tampaknya tidak berlaku bagi fruit cake ‘Antartika’ ini.

Ya, sebagaimana disitat Foxnews, Jumat (11/8/2017) baru saja diberitakan bahwa seloyang fruit cake yang dibawa oleh tim peneliti ke Antartika, tetap utuh selayaknya seloyang fruit cake yang masih baru. Diketahui lebih lanjut, fruit cake yang ditemukan pada sebuah rak di sebuah pondok gubukan tersebut, sudah berada di Antartika dan sama sekali tidak disentuh selama lebih dari 100 tahun alias satu abad!

BACA JUGA:

Untuk bisa bertahan lama selama kurang lebih 106 tahun, semenjak dibawa ke Antartika dalam program ekspedisi pada 1899. Kue ini ternyata disimpan tersembunyi di dalam sebuah wadah bermaterial bahan timah lengkap dengan kertas pembungkusnya. Namun, secara menakjubkkan ternyata kertas pembungkus kue tersebut tidak rusak sama sekali. Sehingga akhirnya membuat, fruit cake tersebut masih berbentuk utuh seperti selayaknya potongan fruit cake yang baru.

Namun sayangnya, untuk perihal soal aroma kue. Fruit cake yang dibuat oleh label perusahaan kue asal Inggris, Huntley & Palmers ini disebutkan sedikit mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti butter basi.

Sementara itu, terkait fruit cake 106 tahun ini sendiri juga diungkapkan kepada publik bahwasanya kue ini adalah termasuk dalam artefak atau peninggalan bersejarah dari kurang lebih seribu lima ratus buah artefak lainnya yang ditemukan. Mulai dari selai, ikan kalengan atau sarden, daging sapi, daging ikan, hingga peralatan lainnya seperti pakaian. Fruit cake ini, diyakini sebagai salah satu barang bawaan yang dibawa menuju Cape Adare oleh salah satu anggota British Antarctic Expedition, Robert Falcon Scott.

BACA JUGA:

Walau tidak direkomendasikan, disebutkan bahwa orang-orang yang sedang berkunjung ke Antartika mungkin bisa mencoba untuk mencicipi fruit cake berumur satu abad lebih ini. Karena, mungkin saja cita rasa dari kue tersebut masih cukup baik walau telah disimpan selama 100 tahun, mengingat kondisi Antartika yang dingin dan beku.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini