Tidak Boleh Diminum Lebih dari Pukul 11.00, Aturan Unik Seruput Kopi di Italia

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 298 1754410 tidak-boleh-diminum-lebih-dari-pukul-11-00-aturan-unik-seruput-kopi-di-italia-mGiwMqYyAH.jpg Kopi (Foto: Sheknows)

SETIAP negara di dunia, hadir dengan adat-istiadat dan kebiasaan asli masyarakatnya yang berbeda-beda. Di mana kebudayaan atau kebiasaan tersebut, termasuk salah satunya soal ‘peraturan tidak tertulis’ perihal tata cara menyantap sesuatu hidangan.

Misalnya saja dengan aturan meminum kopi di Italia, tahukah Anda bahwasanya tidak seperti negara-negara lain di dunia yang tidak memiliki aturan khusus soal meminum kopi. Negara yang terkenal dengan menara Pisa nya ini, ternyata memiliki peraturan yakni tentang pelarangan memesan minuman kopi dengan campuran susu seperti kopi susu, cappuccino, atau kopi latte di atas pukul 11 pagi.

BACA JUGA:

Apron Khas Kedai Kopi asal Amerika Ini Ternyata Punya Banyak Makna!

Diduga Ada Kandungan Mirip Viagra, Kopi Jantan Dilarang Beredar di Amerika

Pasalnya, di Italia segala hidangan minuman kopi yang dicampur dengan susu para masyarakatnya menyakini bahwa minuman tersebut termasuk dalam hidangan untuk sarapan pagi, yang waktunya berakhir di pukul 11 pagi.

Diketahui bahwa orang Italia sendiri, memang memiliki kebiasaan untuk menyeruput minuman kopi susu hanya ketika di waktu pagi hari bersamaan dengan menu roti (pastry), atau dengan kata lain tidak pernah dikonsumsi di waktu siang, sore dan malam hari apalagi setelah usai bersantap hidangan makan siang dan makan malam lengkap, karena dianggap terlalu berat untuk dikonsumsi dan dicerna.

Walau memang, disebutkan lebih lanjut bahwasanya menu minuman cappuccino sekarang bisa ditemui dan didapatkan sepanjang waktu sepanjang hari di Italia. Namun, hal ini hanyalah menu ‘khusus’ yang dibuat dengan pertimbangan agar para turis yang sedang berkunjung di Italia bisa merasa senang, akan tetapi kembali lagi bahwa meminum kopi susu di atas pukul 11 pagi tidak diterima masuk sebagai budaya meminum kopi di Italia untuk para orang Italia asli.

Menurut keterangan dari Giorgio Milos, seorang barista master di Illy, minuman kopi susu seperti salah satunya cappuccino, dianggap sebagai minuman untuk sarapan pagi untuk orang Italia karena produk susu sendiri memiliki imej dan hubungan erat dengan waktu pagi hari.

BACA JUGA:

Berpadu dengan Cokelat hingga Soda, Ragam Penyajian Minuman Kopi dari Berbagai Negara

Rahasia Kenikmatan Kopi Susu Kekinian, Ya Ada di Susunya

Ditambah dengan faktor, pada umumnya orang Italia sendiri memang tidak terlalu banyak dan sering mengonsumsi minuman susu karena susu hanya untuk minuman bayi dan membuat cappuccino.

Lalu bagaimana orangt-orang Italia menyiasati kebutuhan kafein, ketika di waktu siang hari? Ternyata mereka menyiasati hal tersebut dengan menyeruput espresso, yang tidak disebut sebagai espresso.

Pasalnya, di Italia sendiri menu minuman espresso hanyalah kopi biasa yang disebut dengan nama ‘caffe’ dengan variasi seperti double shot (doppio) atau macchiato yang sedikit diberi tambahan susu. Demikian sebagaimana dilansir Huffingtonpost, Jumat (11/8/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini