nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mumpung Weekend Ayo Bersih-Bersih Dapur, Begini Cara Benar Mencuci Wajan Antilengket

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017 15:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 298 1754426 mumpung-weekend-ayo-bersih-bersih-dapur-begini-cara-benar-mencuci-wajan-antilengket-Ox4pQLC8Yj.jpg Membersihkan wajan antilengket (Foto:Today)

MEMILIKI dapur bersih dan peralatan masak yang terawat baik, tentunya menjadi impian bagi mereka yang memiliki hobi masak. Bagaimana tidak, dapur yang bersih tentunya akan menjadikan kegiatan masak-memasak lebih menyenangkan.

Untuk merawat peralatan dapur, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seperti mengenal jenis peralatannya, apakah terbuat dari stainlees steel, aluminium, tembaga, atau bahan lainnya?

BACA JUGA:

Keliling Dunia untuk Icip Minuman Whisky, Dibayar Pula! Mau?

Koki Kerajaan Bocorkan Pola Makan Mendiang Putri Diana, Ini Sederet Menu Favoritnya

Dikutip dari buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit, karya Windya Novita, berikut tips merawat peralatan dapur agar tetap bersih dan bisa bertahan lama.

Wajan anti-lengket

Peranti masak anti-lengket merupakan salah satu peralatan masak yang dapat memudahkan Anda dalam mengolah berbagai hidangan lezat. Selain itu, perlengkapan ini juga bisa menghasilkan makanan yang lebih sehat karena dapat mengurani pemakaian minyak, serta menghemat waktu Anda karena sangat praktis untuk dibersihkan. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar peralatan tersebut tetap terawat dengan baik.

Pertama, ketika hendak mencuci perlengkapan masak anti-lengket, gunakan air sabun dan gosok perlahan menggunakan spons lembut. Hindari penggunaan abu gosok atau sikat kasar agar lapisan anti-lengketnya tidak rusak. Selain itu, ketika proses memasak tengah berlangsung, gunakanlah spatula kayu agar wajan tidak mudah tergores.

 

Pisau dapur

Untuk menjaga ketajamannya, asah pisau secara teratur. Untuk pisau daging, asah 2 atau 3 hari sekali, sementara untuk pisau sayur buah cukup 2 minggu sekali. Selain itu, segera cuci pisau yang telah digunakan untuk memotong bahan mengandung asam. Dengan demikian, warna mata pisau tidak akan cepat berubah. Jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, asah dan cuci bersih pisau, lalu lap hingga kering. Kemudian olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng, bungkus dengan papertowerl, simpa di tempat aman.

Kompor

Permukaan kompor gas Anda terkena noda makanan hangus? Jangan khawatir, untuk membersihkannya, taburi noda atau bagian yang berkerak tersebut dengan abu gosok, lalu gosok kuat-kuat dengan lap yang sudah dibasahi air hangat. Setelah itu, lap kembali dengan lap bersih hingga noda tak terlhat lagi.

 

Microwave

Setelah menggunakan microwave atau oven, terkadang ada sisa-sisa makanan yang masih menempel. Sebagian orang tidak menyadari hal tersebut, dan membiarkannya hingga terlalu lama dan menjadi kerak. Padahal, ada cara mudah untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut. Yang perlu Anda lakukan cukup campur 45-60 ml baking soda dengan air secukupnya. Gunakan campuran ini untuk membersihkan bagian dalam dan sekitar pintu microwave dengan menggunakan spons lembut. Setelah itu, lap microwave dengan kain bersih basah.

BACA JUGA:

4 Tips Memilih & Mengolah Seafood, saat Beli Kerang Pilih yang Masih Ada Cangkangnya

POP SUGAR: Mau Minum Milkshake Tidak Perlu ke Kafe, Bikin Sendiri Saja di Rumah Simak 4 Resepnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini