nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garam Masih Mahal, Pakai 4 Trik Rahasia untuk Masakan Lezat Tanpa Garam

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 07:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 298 1754483 garam-masih-mahal-pakai-4-trik-rahasia-untuk-masakan-lezat-tanpa-garam-mK3eto7QvF.jpg Bahan alami pengganti garam (Foto:Digezt)

 

KELUHAN para ibu seputar bahan baku dapur masih meliputi soal harga garam yang melonjak tinggi. Padahal sebenarnya memasak tanpa garam bukanlah hal yang tak mungkin.

Berbagai teknik dan bahan makanan bisa dijadikan solusi untuk menghasilkan rasa asin pada masakan meskipun tanpa dibubuhi garam. Ini bisa jadi trik cerdas mengirit pengeluaran namun tetap menghasilkan masakan lezat.

BACA JUGA:

Bawang Putih, Makanan Paling Dibenci Ratu Elizabeth II Tidak Boleh Disajikan di Istana Buckingham

Tidak Boleh Diminum Lebih dari Pukul 11.00, Aturan Unik Seruput Kopi di Italia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum 4 trik masak tanpa garam yang mungkin masih dianggap rahasia oleh beberapa orang. Sssttt… salah satu caranya yakni menggunakan banyak bumbu.

Gunakan banyak bumbu

Berbagai bumbu memiliki rasa yang beragam dan bila dipadu padan akan menghasilkan rasa asin gurih meskipun tanpa tambahan garam. Anda bisa memanfaatkan merica hitam, oregano atau rempah lainnya. Tambahkan takaran jahe, kunyit dan lengkuas dalam masakan juga membuat hasil hidangan lebih gurih.

Tambahkan asam

Selain rasa asin, rasa asam juga membuat masakan terasa lebih lezat. Sumber rasa asam yang bisa digunakan cukup beragam mulai asam dari cuka ataupun sumber asam alami seperti perasan jeruk lemon, asam jawa atau irisan belimbing wuluh. Rasa asam membuat masakan terasa segar sehingga menggantikan rasa asin garam.

Rumput laut

Menambahkan rumput laut pada masakan memang tidak banyak dilakukan tapi di Jepang bahan ini jadi bahan yang sering ditambahkan untuk menambah arsa gurih. Rumput laut memiliki rasa yang gurih dan bisa dijadikan tambahan dalam berbagai masakan. Rumput laut yang dimaksud adalah yang berbentuk bubuk atau lembaran kering. Cara menggunakannya cukup tambahkan dalam masakan sebagai pengganti garam. Rumput laut bisa ditambahkan dalam masakan kering ataupun berkuah.

BACA JUGA:

Disimpan Lebih dari 100 Tahun di Antartika, Cake Buah Ini Tetap Utuh!

Kafe di Jepang Ini Layani Pelanggan dengan Pelayan Pria yang Telanjang Dada!

Ikan asin

Jelas menambahkan ikan asin pada masakan adalah trik cerdas untuk mengurangi penggunaan garam. Selain bisa menghasilkan rasa asin, ikan asin juga menyumbang rasa gurih khas yang membuat masakan lebih lezat. Jenis ikan asin yang recommended digunakan adalah yang berukuran kecil. Ikan bisa langsung dicampur dalam masakan ataupun dihaluskan bersama bumbu lainnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini