nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekstrem! Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ini Hanya Memiliki Lebar 25 Inci

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 09:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 406 1754343 ekstrem-jembatan-gantung-terpanjang-di-dunia-ini-hanya-memiliki-lebar-25-inci-FMN6tbd3A9.jpg Jembatan ekstrem (Foto: Huffingtonpost)

APAKAH Anda termasuk golongan orang-orang yang memiliki nyali untuk menyeberang di atas jembatan gantung? Jika iya, cobalah datang ke Swiss.

Bukan hanya jembatan gantung biasa yang akan Anda temukan di sini. Sebab, jembatan gantung ini merupakan yang terpanjang di dunia. Sehingga bisa dibayangkan seperti apa jadinya. Tentunya jembatan dengan lengkungan yang membuat nyali menciut.

Baca Juga: 7 Benda yang Harus Ada di Tas saat Travelling ke Luar Negeri, Fotokopi Paspor Penting!

Namun jangan khawatir, jembatan ini dibuat menggunakan kabel seberat 8 ton dan dilengkapi dengan sistem mencegah goyangan. Sehingga tak akan goyang meski dilewati puluhan pengunjung sekaligus.

Meski disebut sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia, jembatan ini hanya memiliki lebar 25 inci saja. Sedangkan ketinggiannya adalah 84 meter dari permukaan jurang.

Jembatan gantung untuk pejalan kaki ini dibangun untuk menghubungkan kota Zermatt dan Grachen. Hanya orang-orang bernyali besar yang berani melintas di atasnya.

Baca Juga: Wisatawan Wajib Tahu! "Kantong Surga" yang Tersembunyi di Hawaii

Bagi mereka yang bernyali besar, maka pemandangan indah Matterhorn, Weisshorn, dan Bernese Apls bisa dinikmati saat menyeberang. Pemandangan lembah yang tertutup warna hijau hingga pegunungan berselimut salju akan membuat penyeberangan ini terasa begitu indah untuk dilakukan.

Diberi nama Jembatan Suspensi Charles Kuonen, jembatan ini memiliki jala dan bagian bawah yang didesain berlubang, sehingga memungkinkan wisatawan untuk mengintip jurang jika mereka berani.

Baca Juga: Terungkap! Gunung Padang Jadi Saksi Bisu Keberadaan Manusia Megalitikum di Indonesia

Jarak dari Zermatt dan Grachen biasanya ditempuh dalam waktu tiga sampai empat jam. Namun dengan kehadiran jembatan ini, Anda hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyeberang.

Juru bicara Zermatt Tourism Edith Zweifel mengatakan, beberapa orang mungkin ketakutan menyeberangi jembatan yang tinggi ini. Namun hal tersebut masih tetapi bisa dilakukan meski Anda tidak bernyali melihat jurangnya.

"Orang yang memiliki masalah dengan takut ketinggian, mereka harus menutup mata, atau memiliki teman untuk berjalan di belakang," ujar Edith kepada CNN dikutip dari Huffingtonpost, Senin (14/8/2017).

Baca Juga: Kisah Pilot Wanita Termuda Asal India Berhasil Jadi Kapten Pesawat Terbesar di Dunia

Jembatan yang juga disebut sebagai Europabrucke atau berarti Jembatan Eropa ini sebenarnya telah selesai dibangun sejak 2010. Namun jembatan ini baru saja diresmikan pada 29 Juli 2017 setelah memiliki sistem keamanan yang telah dianggap memadai. 

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini