nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantai Terkotor di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017 19:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 406 1754414 pantai-terkotor-di-dunia-apakah-indonesia-termasuk-KW9Fs5Nm3Y.jpg Pantai Kamilo, Hawaii (foto: Kona Historical Society/Facebook)

PANTAI seharusnya menjadi tempat berlibur yang menyenangkan. Tapi bagaimana jika Anda pergi ke pantai yang jorok? Bukannya bermain air, yang ada Anda malah menendang botol bekas atau menginjak kotoran.

Dilansir dari BusinessInsider, Sabtu (12/8/2017), inilah 5 pantai terkotor di dunia;

1. Pantai Kamilo, Hawaii

(foto: Kona Historical Society/Facebook)

Kepulauan Hawaii termasuk destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Walaupun memiliki banyak pantai yang indah, pulau yang merupakan negara bagian dari Amerika Serikat ini juga punya pantai yang kotor yaitu Pantai Kamilo.

(Baca Juga: Wisatawan Wajib Tahu! "Kantong Surga" yang Tersembunyi di Hawaii)

Pantai yang terletak di Big Island itu dijuluki sebagai trash beach and plastic beach. Sampah-sampah di pantai ini berasal dari laut Pasifik yang tertarik oleh air laut.

2. Pantai Juhu, Mumbai, India

(foto: Mark Hillary/Flickr)

Cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, ternyata pantai yang terletak di Mumbai, India ini masuk dalam kategori pantai terkotor di dunia. Semua jenis sampah ada di Pantai Juhu, tapi yang paling utama adalah sampah plastik.

(Baca Juga: Terungkap! Gunung Padang Jadi Saksi Bisu Keberadaan Manusia Megalitikum di Indonesia)

Sampah-sampah ini diyakini datang ketika laut sedang mengalami pasang surut. Selain sampah, ada kekhawatiran pantai ini juga tercemar limbah dari bangunan yang terletak di dekatnya.

3. Guanabara Bay Beaches, Rio de Janeiro, Brasil

(foto: Mario Tama/Getty)

Saat Olimpiade Musim Panas 2016, ada masalah polusi di perairan Rio de Janeiro. Mulai dari kotoran mentah, sampah mengambang, hingga potongan tubuh manusia.

(Baca Juga: Gokil! Museum di Thailand Berisi Kulit Buaya Raksasa)

Benda-benda itu telah mengontaminasi air dan pasir yang membuat sakit para atlet karena menyebarkan virus dan bakteri. Pantai yang paling banyak memiliki kotoran adalah Teluk Guanabara. Bahkan, pengunjung dilarang berenang di sini.

4. Pantai Haina, Republik Dominika

(foto: jenspie3/Flickr)

Kota Haina terkenal sebagai salah satu kota yang paling tercemar di dunia. Maka tidak mengherankan kalau pantainya ikut terkontaminasi. Limbah industri dan timbal dibuang ke sungai-sungai yang mengarah ke laut. Hampir semua penduduk di kota ini mengalami keracunan akibat timbal.

5. Pulau Henderson, Kepulauan Pitcairn Group, British Overseas Territories

(foto: Instagram/@nigelwinser)

Bertolak belakang dengan keputusan UNESCO yang menetapkan Pulau Henderson sebagai situs warisan dunia, pulau kecil tak berpenghuni ini malah menjadi yang paling kotor.

(Baca Juga: 7 Benda yang Harus Ada di Tas saat Travelling ke Luar Negeri, Fotokopi Paspor Penting!)

Para ilmuwan yang pernah berkunjung ke tempat ini di tahun 2015 menemukan setidaknya 18 ton sampah plastik. Sampah-sampah itu pun menyebar di berbagai pantai yang ada di pulau ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini