Image

UNCOVER INDONESIA: Air Terjun Naga Lahat Membentang di Sungai seperti Naga

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 09:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 406 1754431 uncover-indonesia-air-terjun-naga-lahat-membentang-di-sungai-seperti-naga-dKycLjS09P.JPG Air Terjun Naga, Lahat (foto: Instagram/@explorelahat)

ALAM selalu berhasil melenyapkan segala penat dan kelelahan yang dirasakan efek dari kegiatan yang rutin dilakukan selama bekerja. Dengan berlibur dan kembali ke alam, maka segala beban yang ada di pundak dapat lenyap dengan seketika.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam penampakan alam seperti gunung, pegunungan, bukit, hutan, sungai, danau, laut dan juga pastinya pulau yang sebagian besar belum terjamah manusia. Bagi para pencinta alam, kondisi alam seperti ini pasti menarik untuk dijelajahi.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Keeksotisan Air Terjun Goa Mata yang Menyempurnakan Pesona Alam Lahat)

Jika memiliki banyak waktu ketika liburan, cobalah sesekali untuk menengok daerah Sumatera Selatan. Bukan Kota Palembang, namun Kabupaten Lahat. Masih terdengar asing memang daerah yang satu ini. Sebab, berjarak sekira 200 kilometer dari pusat Kota Palembang, maka tidaklah heran jika masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Kabupaten Lahat saat ini dipimpin oleh seorang bupati bernama Aswari Rivai yang akrab disapa Kak Wari. Ia seorang pemimpin yang dekat dan ramah dengan warga-warganya.

(Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Air Terjun Batu Betulis, Primadona Eksotis di Alam Lahat)

Dalam dua kali masa kepemimpinannya, Kak Wari telah membawa Lahat mempertahankan piala Adipura yang selama ini telah disabet selama 10 kali. Maka, bagi Anda yang masih meragukan Lahat, hapuskanlah segala pikiran itu, sebab Lahat merupakan kabupaten yang bersih dan nyaman untuk dijadikan lokasi berlibur yang sempurna.

(foto: Instagram/@explorelahat)

Alam Lahat masih sangat asri dan sejuk. Pohon-pohon masih tumbuh subur dan lebat di atas tanah Lahat, Gunung Dempo seakan menjadi penyangga langit dan jajaran perbukitan membuat pemandangan mata semakin segar.

Air terjun berdekatan siap menangkap rasa lelah para wisatawan. Situs-situs megalitik yang tersebar dihampir seluruh kecamatannya membuat Lahat semakin sempurna jadi daerah wisata.

(Baca Juga: Surga "Hijau" di Kota Pahlawan, dari Taman Sakura hingga Hutan Bambu)

Saat sudah memutuskan untuk liburan di Lahat, cobalah untuk mengunjungi salah satu air terjun yang dimiliki Lahat, yaitu Air Terjun Naga atau Dragon Waterfall. Air terjun yang memanjang ini memang tidak memiliki ketinggian yang mendebarkan hati seperti air terjun kebanyakan. Tapi, pesonanya mampu meluluhkan hati.

Lingkungan alam sekitar air terjun masih sangat asri dan hijau dengan pohon-pohon yang berdiri tegak seakan melindungi diri dari terpaan sinar matahari yang terik. Udara sejuk dapat terasa menyapa kulit saat kali pertama menginjakkan kaki di sini.

(Baca Juga: Tari Siwar Khas Lahat yang Bisa Menegakkan Senjata Tajam di Jempol Tangan)

Berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Air Terjun Naga bukan satu-satunya air terjun atau curup yang dimiliki Desa Karang Dalam, tapi masih ada sekira tujuh air terjun lagi.

Tujuh air terjun tersebut dikenal dengan Curup 7 Bidadari, yaitu Curup Lebarawang, Curup Ujan Panas, Curup Pandak, Curup Bujang Gadis, Curup Sumbing, Naga, dan Curup Bidadari. Hanya di Lahat Anda dapat merasakan diri seperti di kelilingi air terjun, karena ada lebih dari satu!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini