nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Dehidrasi & Penurunan Fungsi Ginjal

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 16:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 481 1754076 waduh-sering-minum-soda-bisa-sebabkan-dehidrasi-penurunan-fungsi-ginjal-o3kDHVq7J2.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

MINUMAN bersoda bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Dampaknya sangat membahayakan, mulai dari risiko dehidrasi yang berujung pada penyakit mematikan.

Karena itu, berpikir lebih dulu sebelum konsumsi minuman bersoda. Minuman ini banyak mengandung pemanis buatan dan zat lainnya yang berbahaya.

(Baca Juga: Awas! Kecanduan Diet Soda Tingkatkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung)

Dilansir Boldsky, Jumat (11/8/2017), berikut adalah dampak buruk bila Anda kecanduan minuman bersoda. Simak ulasannya berikut ini yuk!

Diabetes

Seseorang yang memiliki kebiasaan minum soda setiap hari berisiko lebih cepat kena diabetes. Menurut berbagai penelitian, pemanis buatan dalam minuman ini mengganggu metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan organ terstimulasi dan terdistorsi.

(Baca Juga: Tipuan Label 'Diet Soda' yang Malah Memicu Diabetes Tipe 2)

Faktor risiko lainnya bila Anda konsumsi minuman ini meliputi efek negatif pada metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Nantinya juga dapat menyebabkan penyakit mematikan lainnya.

Sakit kepala

Meskipun pemanis buatan yang hadir dalam makanan soda dapat memberi Anda kepuasan sementara, dampaknya bikin sakit kepala. Itu disebabkan karena kandungan pemanis aspartame atau sucralose. Tak hanya sakit kepala, Anda juga bisa merasakan perut mual.

Bahaya untuk tulang

Minuman bersoda dapat memengaruhi tulang. Karena minuman ini menyerap kalsium yang membuat tulang rapuh. Di usia menopause, Anda dapat mengalami patah tulang, osteoporosis, lemah tulang dan dampak lainnya.

Obesitas

Efek samping dari konsumsi minuman bersoda yakni bikin tubuh gemuk. Tak heran bila melihat orang barat badannya obesitas akibat minuman bersoda.

(Baca Juga: Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Kemandulan?)

Minuman ini mengandung tinggi kalori dan pemanis buatan. Karenanya batasi konsumsi minuman ini agar tak mengalami dampaknya.

Dehidrasi

Dehidrasi memiliki kaitan langsung dengan konsumsi soda. Minuman ini tingg gula dan lebih cepat merampas dahaga Anda. Jangan terlalu sering minum soda untuk mencegah dehidrasi. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan mengganggu aktivitas.

(Baca Juga: Waduh! Kecanduan Diet Soda Menyebabkan Batu Ginjal)

Mempengaruhi organ vital

Beberapa jenis penelitian menunjukkan, orang yang minum soda mendapat risiko lebih besar mengalami penyakit jantung dan ginjal. Ada penurunan fungsi ginjal sekira 30%. Selain itu, Anda juga rentan mengalami penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan serangan jantung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini