Image

Ketika BAB Tinja Berwarna Hitam, Waspada 7 Penyakit Ini!

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 16:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 12 481 1754563 ketika-bab-tinja-berwarna-hitam-waspada-7-penyakit-ini-LWUJPjjWiH.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

JIKA Anda buang air besar mengeluarkan tinja berwarna hitam bisa disebabkan oleh dua alasan. Bisa karena sesuatu yang Anda makan atau bahkan Tanda penyakit serius.

Dokter menyebutkan, ada beberapa alasan medis mengapa tinja Anda bisa menjadi hitam. Itu terjadi saat menderita sakit perut, diare atau demam. Anda harus konsultasi dengan dokter bila mengalaminya.

(Baca Juga: Kenapa BAB Terasa Panas Setelah Makan Pedas?)

Terkadang tinja hitam ini bercampur darah pada kondisi tertentu. Anda harus mewaspadainya agar tak membahayakan diri sendiri.

Lebih lanjut Anda harus mengetahui penyebab adanya tinja hitam. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Minggu (13/8/2017).

Ulkus peptik

Ulkus ini biasanya berkembang di lapisan dalam perut atau usus halus. Biasanya bisa disebabkan oleh bakteri, merokok berlebihan, minuman alkohol atau minum obat. Hal ini bisa mengakibatkan tinja berwarna hitam pada orang dewasa saat buang air besar.

(Baca Juga: Nih Bahaya Menahan BAB Terlalu Lama)

Kanker

Beberapa jenis kanker dapat menyebabkan keluarnya tinja berwarna hitam. Tinja hitam juga bisa menjadi gejala kanker perut. Pada jenis kanker ini, sel-sel sehat berubah menjadi kanker selama waktu tertentu di lapisan dalam perut.

(Baca Juga: Kanker Kolorektal Sulit Dideteksi, Cek Tinja ketika BAB!)

Tumor

Tumor ganas juga bisa menyebabkan tinja menjadi hitam pada orang dewasa. Tumor jenis ini biasanya menargetkan kerongkongan dan perut dan bisa menyebabkan kotoran berwarna hitam. Waspadai ya!

Varietas esofagus

Kotoran hitam seperti tar bisa menjadi gejala dari varices esofagus. Hal ini terjadi saat darah mengalir ke hati tersumbat. Vena yang membengkak di kerongkongan bawah, tepatnya dekat perut, bisa rusak dan berdarah.

(Baca Juga: Yakin Masih Main Ponsel Sambil Buang Air Besar Setelah Mengetahui Fakta Ini?)

Gastritis

Ini adalah kondisi yang menyebabkan lapisan perut menjadi meradang. Masalah ini sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Penyebabnya karena salah makan yang bisa membentuk bisul di lapisan perut.

Kolitis

Kolitis diketahui sebagai kondisi usus besar akan meradang. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan terjadinya tinja berwarna hitam. Anda harus menghindari faktor risiko kolitis.

Penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol

Kerusakan hati akibat minum alkohol berlebihan bisa menyebabkan tinja berwarna hitam. Karena itu, Anda tidak boleh menyalahgunakan minuman beralkohol karena berdampak pada penyakit serius. Cegah ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini