Image

TERUNGKAP! Penelitian Menunjukkan, Pria Vegetarian Lebih Mudah Depresi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 14:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 13 298 1755064 terungkap-penelitian-menunjukkan-pria-vegetarian-lebih-mudah-depresi-TKMFUiVBpm.jpg Ilustrasi Depresi (foto: foodbeast)

MENJADI seorang vegetarian adalah pilihan sulit, pasalnya bukan hanya dibutuhkan kesiapan mental tapi juga fisik. Seorang vegetarian harus sadar betul telah melakukan komitmen dengan diri sendiri jika menjadi vegetarian. Tapi ternyata menjalani program makan vegetarian tidak melulu berefek baik.

Sebuah studi mengatakan pola makan vegetarian bisa membuat seseorang lebih rileks dalam menjalani hidup, namun tampaknya studi in tidak selalu benar. Pasalnya sebuah penelitian lain menunjukkan jika seorang pria vegetarian akan lebih rentan dan mudah didera depresi.

(Baca Juga: 2 Rekomendasi Olahan Menu Makan Siang Akhir Pekan, Dijamin Maknyuss)

(foto: WebMD)

Dilansir dari Foodbeast, Minggu (13/8/2017), penelitian yang dilakukan periset dari University of Bristol, Inggris, menunjukkan pola makan vegetarian bisa memberikan efek berbeda pada setiap orang bahkan dari perbedaan gender.

Seorang wanita vegetarian mungkin bisa lebih bahagia menjalani hidup namun berbeda dengan pria yang justru lebih mudah depresi saat memutuskan beralih menjadi vegetarian.

Penelitian ini menemukan fakta jika pria memiliki resiko dua kali lebih besar terkena depresi. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya asupan nutrisi yang banyak dikandung sumber protein hewani. Menjadi vegetarian artinya mengehentikan asupan protein hewani yakni daging ayam, daging sapi, susu ataupun telur.

(Baca Juga: OKEZONE WEEK-END: Lucu, Dimakan Sayang Mending Buat Pajangan, 5 Kuliner Berkonsep Unicorn)

Padahal bahan makanan ini memiliki nutrisi khusus yang secara alami dibutuhkan tubuh. Untuk beberapa klasifikasi nutrisi, ternyata sistem metabolisme pria jauh lebih membutuhkan dibanding wanita.

Zat ini antara lain vitamin B12 dan zat besi. Bukan hanya mempengaruhi kekebalan tubuh, zat ini juga mempengaruhi kesehatan mental. Penelitian yang dilakukan di Inggris ini melibatkan 9.668 pria dewasa yang menjalani pola makan vegetarian.

Ilustrasi Depresi (foto: Hellosehat)

Dari sampel ini ditemukan hasil survey dimana 50 persen vegetarian kekurangan vitamin B12 yang memicu munculnya efek depresi. Semakin lama pria menjadi vegetarian maka semakin besar potensi depresi yang dialami.

(Baca Juga: POP SUGAR: Ada Salak, Mangga Muda hingga Kedondong? Enaknya Dibikin 3 Kudapan Segar )

Vitamin B12 banyak dikandung oleh jenis daging-dagingan, sementara untuk sumber makanan nabati tidak banyak mengandung vitamin ini. Ada juga suplemen yang khusus dibuat dengan kandungan vitamin B12 namun konsumsi sumplemen dalam jangka panjang bukanlah hal yang direkomendasikan.

Kendati demikian, hasil penelitian ini bukan dimaksudkan untuk melarang pria menjalani pola makan vegetarian namun sebagai rujukan sekaligus referensi jika asupan nutrisi yang cukup menjadi hal yang harus diperhatikan. Silahkan menjadi vegetarian tapi pastikan tubuh tetap sehat dan bugar, bukan justru mengundang penyakit.

(Baca Juga: RESEP NENEK: Daripada ke Restoran, Mending Bikin Ketupat Tahu Khas Malang di Rumah)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini