Trik Padu-padan Kebaya untuk Tampil Stylish dan Tidak Monoton

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 194 1755636 trik-padu-padan-kebaya-untuk-tampil-stylish-dan-tidak-monoton-r1hFQgHkrB.jpg Ilustrasi padu-padan kebaya (Foto: Annisa/Okezone)

MELESTARIKAN kebaya Nusantara sama pentingnya dengan kain-kain khas Indonesia lainnya, yang merupakan warisan nenek moyang. Sayangnya, meski kebaya telah dimodifikasi sedemikian rupa, tak sedikit wanita yang masih enggan mengenakan pakaian tradisional wanita Indonesia ini.

Alasannya pun beragam, kebaya kerap diidentifikasi sebagai pakaian kuno, khusus untuk kalangan ibu-ibu, hingga seringkali dianggap usai menghadiri acara resmi tertentu. Adalah desainer mode kenamaan Musa Widyatmodjo yang berusaha menggaungkan kembali kebaya sebagai pakaian wanita Indonesia. Ia menggaungkannya melalui presentasi busana dalam ajang Pasar Nusantara di Pondok Indah Mall 2, beberapa waktu lalu.

Dituturkan Musa Widyatmodjo, koleksi yang ditampilkan masih dalam satu tema dengan event fesyen sebelumnya. Di mana untuk busana prianya, Musa membuat military look, sementara untuk wanitanya ia kembalikan ke tampilan Jawa dengan aksen payet.

BACA JUGA:

Cantik Banget! Lihat 5 Gaya Terbaik Dian Sastro Kenakan Kebaya

Kebaya Cantik Raisa Hingga Laudya Cynthia Bella yang Bisa Jadi Inspirasi Tampil Anggun di Hari Lamaran

"Kebaya saya gaungkan kembali karena memang kesadaran di kalangan masyarakat sudah mulai berkurang. Saya ingin mengedukasi bahwa tampilan kebaya bisa menarik kok. Kebaya itu enggak harus kain panjang, kecuali untuk acara adat," ujar Musa Widyatmodjo yang ditemui usai jumpa pers di Pondok Indah Mall 2, beberapa waktu lalu.

"Saat pergi ke luar negeri, misalnya, wanita bisa pakai kebaya dengan celana panjang atau blazer. Atau bisa pula kebaya, bawahannya celana jins, ditambah coat, yang bisa bikin tampilannya sensual dan Indonesia banget," lanjutnya.

Dan, benar saja, dalam peragaan busana tersebut, Musa menampilkan beberapa look kebaya yang dipadupadankan sedemikian rupa sehingga menampilkan tampilan tidak biasa namun tetap mewah. Misalnya, tampilan kebaya berwarna off white yang dipadankan dengan coat berwarna senada dan celana panjang berpotongan lebar.

 

(Foto: Annisa/Okezone)

Ada pula tampilan kebaya dipadu cropped blazer coklat dan celana berpotongan 7/8. Sementara, di penampilan lainnya, kebaya dipadankan dengan blazer dan celana panjang berpotongan loose bergaya Indonesia.

(Foto: Annisa/Okezone)

Dalam kesempatan tersebut, desainer bertubuh tinggi ini memberikan trik padu padan mengenakan kebaya agar bisa stylish dikenakan tampilan sehari-hari. Menurutnya, penting untuk menentukan maksud dan tujuan kebaya tersebut akan digunakan.

BACA JUGA:

Deretan Kebaya Pengantin dengan Sentuhan Modern yang Bisa Jadi Inspirasi Menikah Tahun 2017

Kebaya Peranakan Hiasi Busana Tradisional Modern Wanita Indonesia

"Tipsnya, berkebaya sebagai wanita Indonesia harus memahami bahwa kebaya itu ada pakemnya pada saat memang ada prosesi yang harus dilakukan. Kebaya dengan celana jins oke kalau tujuannya untuk fesyen. Tapi saya enggak terima kalau kebaya diobrak-abrik atau dimacem-macemin untuk prosesi pernikahan, misalnya ada buntut panjang, karena itu ada prosesi unggah-ungguh budaya yang merupakan prosesi warisan dan amanah," terang Musa.

"Sekarang kalau bukan masyarakat Indonesia yang pakai (kebaya-red), lalu siapa lagi? Kalian ribut-ribut bersuara harus melestarikan kebaya atau kain batik, tapi pakai kebaya atau batik juga enggak. Jadi, pakailah kebaya sebagai salah satu cara untuk mengekspos dan menyuarakan pelestarian warisan Indonesia," tutupnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini