Menang dalam Lomba Masak Ikan Nusantara 2017, Kenal Lebih Dekat dengan Gabus Pucung Khas Betawi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 298 1755559 menang-dalam-lomba-masak-ikan-nusantara-2017-kenal-lebih-dekat-dengan-gabus-pucung-khas-betawi-7ayno91pKf.jpg Gabus pucung khas Betawi (Foto: Regjakarta)

LOMBA memasak ikan yang digelar pemerintah baru-baru ini menarik banyak perhatian masyarakat. Setelah proses audisi dan penilaian yang panjang akhirnya sudah ditentukan 3 masakan yang berhak menyabet sebagai gelar juara, salah satunya gabus pucung.

Olahan ikan asli khas Betawi ini memang cukup populer dan banyak disukai karena rasanya yang unik dan lezat. Masakan yang mulai jarang dibuat oleh masyarakat ini termasuk masakan ‘ndeso’ yang banyak diolah di masyarakat kampung.

Selain sebagai lauk makan harian, gabus pucung juga kerap hadir sebagai makanan saat hari besar atau perayaan adat seperti pesta pernikahan. Dikutip dari buku 80 Warisan Kuliner Nusantara, masakan yang terbuat dari ikan gabus ini disajikan dengan kuah berwarna hitam.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Serba-serbi Gudeg, Olahan Nangka Khas Yogyakarta yang Melegenda

URBAN FOOD: Tidak Ada Telur atau Ayam, Ikan Juga Enak Dibikin Semur, Jajal Semur Tuna & Kakap

Ikan gabus dalam potongan besar diolah bersama kuah yang dibuat menggunakan tambahan keluak. Dalam bahasa Betawi, keluak dikenal dengan sebutan pucung. Inilah alasan kenapa dikenal dengan sebutan gabus pucung.

Bagi yang tidak mengenal masakan ini pasti akan memandangnya sebelah mata karena tampilannya yang agak ‘menyeramkan’. Bagaimana tidak, kuah masakan ini hitam pekat dengan isian ikan gabus yang dipotong besar serta tampilan kepala ikan gabus yang memang tak indah dipandang mata.

Tapi semua kesan ini akan berubah saat mencoba rasanya. Tak sedikit orang yang kemudian ketagihan dan selalu rindu dengan masakan ini klasik ini.

Ikan gabus adalah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk seperti ikan lele namun memiliki ukuran badan lebih besar dan tanpa patil. Sebenarnya ikan gabus termasuk jenis ikan yang jarang diolah sebagai masakan.

BACA JUGA:

Garam Masih Mahal, Pakai 4 Trik Rahasia untuk Masakan Lezat Tanpa Garam

OKEZONE WEEK-END: Sederet Makanan dan Minuman yang Terinspirasi dari Film Hingga Karakter Animasi, Paling Populer Tortilla Chips Sailormoon!

Orang lebih tertarik membuat olahan ikan gabus menjadi ikan asin. Olahan ikan asin ini membuat ikan gabus naik kelas karena harga menjadi lebih tinggi dibandingkan saat dalam keadaan segar.

Ikan gabus pucung memiliki rasa segar, gurih dan asin. Tentu dengan rasa dan aroma khas kluwek yang cukup menonjol. Sekilas rasanya mirip dengan rawon. Sementara daging ikan gabus terasa lembut dengan bumbu yang menyerap maksimal di setiap bagian ikan.

Karena agak sulit menemukan ikan gabus segar, masyarakat kerap mengganti ikan gabus dengan jenis ikan lainnya. Biasanya digunakan ikan bandeng ataupun ikan mas, Rasanya tak kalah nikmat namun tentu ada sensasi yang berbeda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini