Berani Coba Minum Bir dengan Campuran Air Kencing? Produknya Sudah Diproduksi Masal di Denmark

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 298 1755763 berani-coba-minum-bir-dengan-campuran-air-kencing-produknya-sudah-diproduksi-masal-di-denmark-fC6SsdUPn5.jpeg Produksi bir dengan paduan urin (Foto: Thedailymeal)

 IDE kreatif dalam memproduksi sebuah produk di dalam dunia industri kuliner, memang seolah tiada pernah habis. Kandungan apapun dari mulai yang normal hingga yang nyeleneh, dengan metode pengolahan yang sedemikian rupa bisa menjadi mungkin untuk menjadi bahan dasar dalam membuat satu produk makanan ataupun minuman.

Misalnya, yang baru-baru ini dilakukan oleh produsen minuman bir di Denmark, Norrebro Bryghus. Disebutkan, bahwa alih-alih menggunakan bahan-bahan biasa pada umumnya untuk memproduksi bir, pabrik pembuat minuman bir di Denmark tersebut diketahui malah menggunakan air kencing manusia.

Disebutkan lebih lanjut, pabrik asal Denmark tersebut memang sengaja membuat campuran minuman bir dengan 50000 liter urin yang dikumpulkan dari sebuah festival musik terbesar di Eropa Utara. Dengan tujuan untuk memproduksi minuman bir yang unik untuk para penikmat minuman beralkohol yang suka akan petualangan dan pengalaman baru.

BACA JUGA:

Selama 42 Tahun, Nick West Punya Koleksi Lebih dari 9000 Kaleng Bir

Astaga, di Negara Ini Anda Bisa Beli 1.000 Kaleng Bir Sekaligus!

Bir yang dinamakan ‘Pisner’ tersebut dibuat dari tanaman barley yang dicampur urin yang telah dikumpulkan sebelumnya. Henrik Vang, sebagai chief executive Norrebro Bryghus mengungkapkan bahwa minuman bir-urin ini sukses membuat banyak orang menjadi salah kaprah.

 

“Ketika berita tentang bir ‘Pisner’ ini muncul di kalangan publik awam, banyak orang-orang yang mengira bahwa kami menyaring langsung air urin untuk dimasukkan ke dalam minuman bir. Mengetahui hal ini, kami hanya bisa menanggapinya dengan tertawa saja,” papar Henrik.

Disebutkan lebih jelas, bahwa minuman bir yang berpadu dengan air seni ini disinyalir tidak memiliki bau dan rasa dari air seni sama sekali.

“Jika minuman bir ini ada sedikit saja mengeluarkan rasa urin atau air seni, pastinya langsung aku buang dan tidak mau minum. Tetapi, dalam minuman bir ini tidak terasa sama sekali sisa-sisa aroma dan rasa air urine,” ungkap Anders Sjögren.

BACA JUGA: 

Wah, Ternyata Bir Bersifat sebagai Obat Penghilang Nyeri!

Minuman Bir Terbuat dari Lobster, Gimana Rasanya Ya?

Sementara itu, Denmark’s Agriculture and Food Council sendiri menyebutkan bahwa metode memanfaatkan ‘hasil sampah’ manusia yakni air seni sebagai fertilizer dalam membuat minuman bir, dinilai sebagai cara baru yang efisien dan bisa dibuat berkelanjutan dengan konsep “beercycling” atau bir daur ulang. Selain itu, diketahui bahwa sejauh ini dari 50000 liter air seni yang telah dikumpulkan, telah berhasil untuk membuahi biji barley untuk menghasilkan sekitar kurang lebih 60000 botol bir Pisner. Demikian seperti diwarta Huffingtonpost, Senin (14/8/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini