FOOD PARTY: Siapa Bilang Es Kopi Susu Cuma Ada di Indonesia? 5 Negara Ini Juga Punya Racikan Es Kopi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 298 1755813 food-party-siapa-bilang-es-kopi-susu-cuma-ada-di-indonesia-5-negara-ini-juga-punya-racikan-es-kopi-lxtPdTRaCS.jpg Es kopi dari berbagai dunia (Foto: Ist)

SETELAH tren latte art, para pencinta kopi dunia kembali dikejutkan oleh sebuah tren es kopi yang dikenal dengan sebutan, cold brew. Jika dilihat dari tampilannya, cold brew merupakan racikan es kopi yang dikemas dalam wadah khusus, sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa harus melalui proses penyeduhan lagi. Minuman ini cukup digemari karena praktis untuk dibawa dan menyuguhkan sensasi rasa pahit yang khas.

BACA JUGA:

Masukkan Potongan Es Batu ke Dalam Tumbler, Trik Simpel agar Es Krim Tidak Cepat Meleleh

Rahasia Chef Dunia Mengolah Salmon, Cukup Cabai Rawit & Mentega Sudah Bikin Lezat

Meskipun demikian, ternyata masih ada negara yang tidak terpengaruh oleh tren unik tersebut. Mereka lebih memilih menikmati racikan es kopi tradisional dengan sedikit tambahan bumbu khas dari daerah masing-masing. Salah satu contohnya adalah Yunani yang meracik es kopi dari bubuk kopi instan dengan tambahan susu dan gula manis. Menarik bukan? Daripada penasaran, yuk simak 5 racikan es kopi yang ada di beberapa negara di dunia. Seperti dilansir Okezone dari Huffington Post, Senin (14/8/2017).

Frappe, Yunani

 

Yunani membuktikan bahwa ada tiba saatnya kopi instan dapat diolah dengan sedemikian rupa sehingga rasanya akan semakin lezat. Racikan ini dikenal dengan sebutan frappe. Secara tradisional, frappe terbuat dari bubuk kopi instan, yang diseduh dengan air panas dan susu, lalu diaduk dan disajikan dengan es dan gula secukupnya. Minuman ini sering dikonsumsi untuk melepaskan dahaga di sore hari yang panas.

Aisu Kohi, Jepang

 

Untuk membuat es kopi khas Jepang, teknik pengolahannya ternyata sangat praktis dan sederhana. Kopi langsugn diseduh di atas es yang berarti Anda bisa langsung menikmati langsung tanpa perlu mendinginkannya. Selain praktis dan efisien, cara ini juga menciptakan rasa yang cukup kompleks yang tidak terdapat pada racikan cold brew.

Oliang, Thailand

 

Sedikit berbeda dengan olahan es kopi pada umumnya, es kopi tradisional khas Thailand diseduh dengan campuran kacang kedelai, biji wijen, dan jagung. Campuran inilah yang membuat cita rasa kopi menjadi lebih “nendang”. Tidak hanya itu, kopi juga akan dilapisi es dengan susu kental manis untuk menciptakan rasa manis yang menggugah selera. Namun, ada pula yang mengganti susu kental manis dengan susu murni dan simple syurp.

Ca Phe Da, Vietnam

 

Berbicara soal es kopi, tidak lengkap rasanya jika belum membahas racikan es kopi susu khas Vietnam. Sama seperti racikan oliang, proses pengolahan es kopi Vietnam juga terbilan unik. Terkadang kopi diseduh dengan sawi putih dan campuran biji kopi arabika dan robusta. Perpaduan tersebut akan menghasilkan tekstur kopi yang kasar namun akan terasa nikmati ketika dicampurkan dengan susu kental manis.

 

Affogato, Italia

 

Minuman yang satu ini sebetulnya bukanlah racikan es kopi, melainkan segelas es krim vanilla yang disiram satu shot espresso. Dari segi rasa tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika es krim yang digunakan asli dari Italia atau dikenal dengan sebutan gelato. Affogato cocok bagi mereka yang menyukai kopi pahit dengan sensasi rasa manis yang tidak terlalu kuat.

BACA JUGA:

Rahasia Chef Dunia Mengolah Salmon, Cukup Cabai Rawit & Mentega Sudah Bikin Lezat

Setelah Lady Diana, Koki Kerajaan Bocorkan Pola Makan Pangeran William & Pangeran Harry saat Kecil

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini