Suka Celupkan Biskuit ke Dalam Susu? Biar Makin Nikmat, Ada Hitungan yang Akurat Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 298 1755856 suka-celupkan-biskuit-ke-dalam-susu-biar-makin-nikmat-ada-hitungan-yang-akurat-loh-DkeosmjK4e.jpg Biskuit dan oreo (Foto: Foodbeast)

MENYANTAP kudapan ringan seperti biskuit, dengan ditemani oleh secangkir susu memang nikmat. Apalagi jika dilakukan di waktu-waktu senggang saat sore hari, sekedar untuk mengganjal perut sebelum menuju waktu makan malam.

Namun sayangnya, tatkala mencelupkan biskuit ke dalam susu. Seringkali kita lakukan dengan cara kurang tepat, alhasil membuat biskuit malah menjadi terlalu lembek karena terlalu lama direndam dalam cairan susu, atau malah sebaliknya jika dicelup hanya terlalu sebentar biskuit malah tidak menjadi kurang lembut karena susu belum menyerap sempurna ke dalam potongan biskuit.

BACA JUGA:

Untuk mendapatkan potongan biskuit yang lembut alias moist sempurna karena dicelupkan ke dalam susu tersebut, tahukah bahwasanya harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang tepat dan akurat?

Seperti dilaporkan Foodbeast, Selasa (15/8/2017) menurut keterangan Mental Floss ada sebuah studi yang dilakukan oleh Utah State University, di mana studi tersebut menghasilkan bahwa untuk mencelupkan biskuit ke dalam susu misal contohnya seperti Oreo dengan tingkat celupan dan kelembutan yang pas adalah dengan periode waktu 3,5 hingga 4 detik.

Dengan periode waktu ini, di detik pertama maka biskuit akan menyerap sekitar 50 persen berat cairan dari minuman susu itu sendiri, lalu di dua detik selanjutnya maka susu yang terserap ke dalam potongan biskuit akan meningkat dari 50 persen menjadi 80 persen. Setelah 4 detik pertama, maka biskuit disebutkan akan berhenti untuk menyerap susu, atau dengan kata lain jika Anda mencelupkan biskuit ke dalam susu selama lebih dari 4 detik maka sebenarnya tidak ada yang berubah dan hanya akan membuat biskuit menjadi hancur lebur.

BACA JUGA:

Biskuit Legendaris Ternama di Inggris Mulai Langka

Unik, Biskuit Sandwich Ini Rasa Kayu Manis

Lebih lanjut dijelaskan, jika biskuit yang dicelupkan ke dalam susu adalah jenis biskuit selain Oreo. Maka seperti yang disebutkan dari hasil studi peneliti bernama E.W. Washburn, sebenarnya periode waktu pencelupan juga tidak jauh berbeda dengan biskuit Oreo yakni sekitar 3 hingga 5 detik. Nah, semoga dengan info berguna satu ini maka acara makan biskuit dengan susu Anda semakin lezat karena biskuit yang disantap hadir dengan tingkat kelembutan yang pas. Selamat mencoba!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini