Share

Apa Sebenarnya Makna 'Loli', yang Bikin Nafa Urbach Ngamuk: "Dimana Rumah Kamu?"

Vessy Frizona, Okezone · Selasa 15 Agustus 2017 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 196 1756151 apa-sebenarnya-makna-loli-yang-bikin-nafa-urbach-ngamuk-dimana-rumah-kamu-tR9PU4cK10.jpg Screen Shoot Sosmed Nafa Urbach (Foto: Nafa Urbach)

AKTRIS sekaligus penyanyi Nafa Urbach baru-baru ini meradang di akun Instagram pribadinya. Hal itu lantaran ada komentar yang tak pantas soal Mikhaela, putri Nafa Urbach dan Zack Lee yang lahir pada 8 Ferbuari 2011. Melalui akun Instagram-nya, ia berjanji bakal mengusut, mengungkap, dan bahkan mencari orang-orang yang berkomentar seperti itu.

Meradangnya penyanyi Nafa Urbach di akun Intagram-nya membuka mata masyarakat akan adanya istilah baru yang dipakai pedofilia untuk mengintai anak-anak. Mereka secara terang-terangan menggoda anak-anak di dunia maya untuk dijadikan objek seksual.

(Baca Juga: Psikolog Sebut Jaringan 'Loli' Pembidik Anak di Bawah Umur Sampai Tingkat Internasional)

Salah satu postingan Nafa adalah bentuk kemarahan karena terganggu dengan komentar-komentar dugaan pelaku pedofilia di medsos. Mereka mengatasnamakan diri dengan istilah Loli. Menurut penyanyi era 90-an ini, kelompok tersebut tak ada bedanya dengan orang-orang yang mengidap gangguan seksual, penyuka anak kecil.

Lantas, apa arti dari Loli itu sendiri? Menurut psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, istilah yang digunakan pelaku kejahatan seks terhadap anak-anak berbeda-beda di setiap wilayah. Mereka punya kata sandi atau kode tersendiri.

"Bukan cuma di Indonesia, tapi sudah sampai ke level internasional. Intinya mereka punya tujuan sama, yaitu mengintai anak-anak," kata Kasandra kepada Okezone saat dihubungi, Selasa (15/8/2017).

Dikutip dari Wikipedia, Loli adalah singkatan dari Lolicon yang berasal dari Bahasa Jepang dan merupakan gabungan kata dari kata Lolita dan Complex. Dalam bahasa aslinya, Lolicon memiliki makna seseorang yang mempunyai obsesi pada anak-anak di bawah umur, menjelang atau sebelum masa pubertas.

Istilah Lolicon sering digunakan dalam ruang lingkup Anime, Manga, dan Game. Lolicon dipercaya oleh beberapa orang sebagai salah satu klasifikasi dari otaku karena kebanyakan otaku menyukai karakter berwajah seperti anak-anak. Ruang lingkup penggunaan istilah ini hanya digunakan oleh komunitas otaku, sehingga istilah Lolicon mengalami perubahan makna menjadi lebih sempit, yaitu menjadi obsesi kepada objek visual yang imut-imut dan manis. Diakui, secara umum istilah Lolicon ini berbeda dengan pengertian pedofilia.

"Apa pun istilah dan pengertiannya, perilaku ini berpotensi mengalami menyimpangan. Bisa mengarah ke serangan seksual anak-anak," sambungnya. (Ren)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini