Bingung Cara Menyimpan Saus Tomat yang Benar? Ini Metode yang Disarankan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 298 1756275 bingung-cara-menyimpan-saus-tomat-yang-benar-ini-metode-yang-disarankan-JRWnoeJblh.jpg Ilustrasi saus tomat (Foto: Thespurce)

SELAIN saus cabai yang pedas, kehadiran akan saus tomat dengan cita rasa asam dan manis yang mampu menunjang cita rasa jenis tertentu, sejatinya memang tidak kalah penting di berbagai acara makan. Mulai dari menyantap ayam goreng, kentang goreng, pizza, hamburger, dan masih banyak yang lainnya.

Seperti hal nya di Indonesia yang menggemari saus tomat, sebagai saus cocolan pendamping banyak menu makanan. Begitu juga di Amerika, disebutkan bahwa menurut survey yang digelar oleh Simmons National Consumer Survey pada 2016 lalu, tercatat lebih dari 300 juta masyarakat Amerika mengonsumsi saus tomat.

BACA JUGA:

Ini 4 Saus Cocolan Paling Populer di Belahan Dunia

RESEP PILIHAN: Bosan Saus Sambal, Bikin Chunky Guacamole untuk Saus Cocolan

Akan tetapi, tingkat konsumsi saus tomat yang tinggi ternyata tidak berbanding lurus dengan pengetahuan soal penyimpanan saus ini sendiri. Pasalnya, tidak disangkal bahwa banyak masyarakat awam termasuk kita sendiri yang masih bingung perihal bagaimana penyimpanan saus tomat yang tepat. Penyimpanan suatu produk makanan yang tepat, penting untuk dilakukan. Mengingat, metode penyimpanan yang sesuai juga sangat berpengaruh pada usia alias keawetan dari produk itu sendiri. Apakah boleh dibiarkan diletakkan begitu saja di tempat dengan suhu ruangan, atau harus dimasukkan ke dalam tempat khusus?

Ternyata metode yang tepat untuk menyimpan saus tomat ialah, dimasukkan ke dalam lemari pendingin ketika segel kemasan sudah dibuka untuk pertama kalinya. Seperti yang dituturkan oleh Nicole Kulwicki, selaku director of brand building dari Heinz Ketchup.

"Karena sudah mengandung sifa zat asam (acidity) yang alami, pada dasarnya saus tomat tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Namun, jika segelnya sudah dibuka karena hendak digunakan, maka untuk penyimpanan berikutnya disarankan untuk dimasukkan ke dalam kulkas," ungkap Nicole.

 BACA JUGA:

Lebih lanjut Nicole menjelaskan, mengapa saus tomat yang segel kemasannya sudah terbuka setelah digunakan sebaiknya dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Hal ini dikarenakan, stabilitas kondisi saus tomat setelah segel dibuka bisa terpengaruh apabila hanya disimpan atau diletakkan begitu saja tanpa disimpan di kulkas. Maka dari itu, agar kualitas dari saus tomat tidak berubah dan tetap terjaga, inilah mengapa disarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas. Demikian seperti diwarta Thisisinsider, Selasa (15/8/2017)

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini