Rendam dalam Baking Soda, Rahasia agar Daging Cumi Empuk

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 298 1756286 rendam-dalam-baking-soda-rahasia-agar-daging-cumi-empuk-2jFoT5oUcg.jpg Cara mengolah cumi agar empuk (Foto:Huffpost)

SELAIN ikan, makanan laut lainnya yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat adalah cumi-cumi. Dengan tekstur daging yang empuk dan kenyal, tak heran jika olahan cumi memiliki tempat tersendiri di hati para pencinta kuliner. Apalagi kalau diolah dengan bumbu yang tepat, rasanya akan semakin nikmat dan bisa bikin Anda ketagihan.

Dibalik kelezatannya itu, ternyata masih banyak yang ragu untuk mengolah cumi di rumah. Salah satu alasannya karena makanan laut ini memiliki aroma amis yang sangat menyengat. Hal ini memang sering terjadi jika cumi diolah dengan cara yang tidak tepat. Untuk menghilangkan aroma amis dan membuat tekstur dagingnya menjadi lebih empuk, Anda bisa mengikut 5 tips berikut, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Selasa (15/8/2017).

BACA JUGA:

Filosofi Lomba Memasak Sering Diselenggarakan pada Kegiatan Pramuka, Khususnya Jambore

Astaga! Sebuah Donat Mirip Ular Sukses Bikin Netizen Heboh

Pilih cumi berkualitas baik

Untuk menghindari bau amis yang menyengat pada cumi, Anda bisa memulai dengan memilih cumi yang masih dalam keadaan baik, segar, kalau perlu yang masih hidup. Cumi segar memiliki mata yang bersih, dagingnya tidak kemerahan, kulit ari tidak rusak, serta tekstur dagingnya terasa pada dan masih kenyal.

Bersihkan dengan benar

Setelah memilih cumi yang berkualitas, proses selanjutnya adalah membersihkan cumi dengan baik dan benar. Tidak usah takut, caranya cukup mudah dan sederhana. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan isi perut cumi dan mengupas kulit arinya. Berhati-hati lah saat mengeluarkan isi perut agar tintanya tidak pecah. Setelah berhasil dikeluarkan, segera cuci cumi dengan air mengalir. Simpan tinta cumi jika Anda tertarik untuk membuat hidangan lezat lainnya.

Marinasi dengan jahe dan air asam jawa

Sudah menjadi rahasia umum bahwa campuran bumbu rempah-rempah juga sangat ampuh untuk menyamarkan atau mengurangi aroma amis pada makanan. Yang perlu Anda lakukan cukup memarut jahe, tambahkan air asam jawa, kemudian lumuri di seluruh bagian cumi hingga merata. Diamkan selama 15-30 menit, lalu cuci kembali dengan air mengalir.

Rendam dalam baking soda

Bagi Anda yang menyukai cumi dengan tekstur daging yang empuk dan kenyal, rendamlah makanan laut tersebut di dalam air yang telah dicampurkan satu sendok makan baking soda semalaman. Cara ini sangat ampuh untuk mengempukkan daging cumi yang akan diolah dengan proses penggorengan.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: Oseng Udang Tempe atau Udang Goreng Asam, Dijamin Bikin Anda Selera Makan

Tak Perlu Rogoh Kocek Dalam, Telur Hingga Sayur Bayam Termasuk Bahan Makanan Termurah di Dunia

Minggu 13 Agustus 2017, 19:08

Perhatikan waktu memasak

Hal terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah waktu saat mengolah cumi. Untuk mengolah sajian berkuah masaklah secara singkat, kurang dari tiga menit. Jika dimasak terlalu lama, daging cumi akan mengeras. Apabila sudah terlanjur memasak lebih dari tiga menit, lanjutkan proses memasak hingga 30 menit agar protein dalam daging cumi kembali terurai sehingga teksturnya menjadi lebih empuk.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini