nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Memperpanjang Umur, Ini yang Terjadi Jika Anda Rajin Mengonsumsi Makanan Pedas

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 09:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 15 298 1756431 selain-memperpanjang-umur-ini-yang-terjadi-jika-anda-rajin-mengonsumsi-makanan-pedas-1nNgFZOaCt.jpg Rajin mengonsumsi makanan pedas (Foto:Sodahead)

MAKANAN pedas memang cukup digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia karena menyuguhkan cita rasa yang khas dan mampu membangkitkan nafsu makan. Contoh kecilnya ayam goreng. Bagi sebagian orang, makanan ini akan terasa kurang nikmat jika tidak disajikan bersama sambal sebagai cocolannya.

Dibalik sensasi pedasnya itu, makanan ini ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah timbulnya alergi musiman, mengurangi risiko kanker, hingga memperpanjang usia. Untuk memahami lebih jauh manfaat dan tips menyantap makanan pedas, berikut Okezone rangkum penjelasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Mashed, Rabu (16/8/2017).

BACA JUGA:

Restoran di Jepang Sajikan Menu Kumbang Badak, Foodies Percaya Rasanya akan Lezat Dibarengi Minum Bir

Mencuci Sayuran Sebelum Disimpan Membuatnya Cepat Busuk, Ini Penjelasannya!

Menyembuhkan alergi

Dalam sebuah wawancara dengan HuffPost, Dr. Clifford W Bassett, direktur medis Allergy and Asthma Care di New York mengatakan, kandungan capsaicin dalam cabai rawit dan cabai merah akan membantu membersihkan sirkulasi darah dalam tubuh yang menjadi penyebab alergi musiman. Clifford menyarankan untuk mengonsumsi telur rebus dan sedikit saus sambal setiap hari sebagai menu sarapan.

Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, menambahkan sedikit saus sambal ke dalam menu makanan bisa menjadi cara terbaik untuk mendukung program diet yang sedang Anda lakukan. Menurut Science Daily, capsaicin pada cabai dapat meningkatkan suhu tubuh dan membantu metabolisme. Dalam arti lain, kandungan tersebut akan membantu membakar banyak lemak di dalam tubuh Anda. Jadi jangan sungkan menambahkan saus sambal ke dalam salad atau hidangan lainnya.

Panjang umur

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan di BMJ pada 2015 lalu, mengonsumsi makanan pedas (seperti saus, sambal, dan lain sebagainya) berkorelasi dengan umur panjang baik untuk pria maupun wanita. Secara rinci, mengonsumsi makanan pedas setiap hari dalam satu minggu dapat menurunkan 14 persen resiko terserang penyakit berbahaya.

 

Menurunkan tekanan darah

Meski tidak terjadi secara langsung, namun jika Anda mengonsumsi saus sambal secara konsisten, hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda. Menurut Science Daily, jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung capsaicin secara teratur, lama kelamaan, molekul ini akan membantu pembuluh darah di tubuh Anda untuk sedikit “rileks”, shingga tekanan darah akan menurun secara menyeluruh.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Serba-serbi Gudeg, Olahan Nangka Khas Yogyakarta yang Melegenda

URBAN FOOD: Tidak Ada Telur atau Ayam, Ikan Juga Enak Dibikin Semur, Jajal Semur Tuna & Kakap

Mencegah kanker prostat

Saus sambal juga bisa menjadi menu makanan terbaik bagi Anda yang memiliki prostat. Menurut penelitian yang dipublikasikan jurnal Future Oncology pada 2010, capsaicin dapat bekerja dengan baik untuk menekan pertumbuhan tumor yang menyebabkan kanker prostat. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu menambahkan sedikit saus sambal pada menu makan malam Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini