nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Boleh Sembarangan Pilih Jaket Gunung, Cari yang Berbahan Windproof & Waterproof

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 15:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 15 406 1756313 tak-boleh-sembarangan-pilih-jaket-gunung-cari-yang-berbahan-windproof-waterproof-5F83CbH4Y5.jpg Ilustrasi Jaket Gunung (foto: Charleton Churchill)

TIDAK boleh sembarang dalam mencari perlengkapan mendaki gunung. Selain karena alam suka memberi kejutan yang tidak terduga, kesalahan karena perlengkapan mendaki bisa membahayakan nyawa.

Salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam pendakian gunung ialah jaket gunung. Jaket gunung bagi pendaki sangatlah berguna untuk menjaga kehangatan suhu tubuh agar tidak terserang hipotermia dan bisa melindungi tubuh dari air.

(Baca Juga: Hore! KAI Gratiskan Tiket Kereta di Hari Kemerdekaan RI Ke-72)

Dibagikan oleh akun bernama Staterkom, video yang diunggahnya dalam jejaring berbagi video Youtube, sangat penting diketahui oleh para pendaki pemula. Berikut tips memilih jaket gunung yang tepat.

(foto: Shutterstock)

Nyaman ketika digunakan mendaki

Kenyamanan ialah hal utama yang harus diperhatikan dan dirasakan ketika hendak membeli jaket gunung. Hal ini sangat mempengaruhi kelancaran pendakian, jika pendaki tidak nyaman dengan jaket yang dipakainya maka kesalahan bisa saja terjadi karena konsentrasi pendaki terbagi ke jaketnya yang tidak nyaman itu.

(Baca Juga: Tak Hanya Kereta, Naik KRL di Hari Kemerdekaan RI Juga Gratis!!!)

Tahu jenis bahan jaket

Nah, bahan harus bisa melindungi pendaki dari suhu dingin saat berada di gunung. Fungsi utama jaket bagi tubuh yaitu melindungi dari serangan suhu dingin yang terasa bak menusuk-nusuk badan.

Rasa dingin yang berlebih dapat mengakibatkan timbulnya hipotermia, yang dapat berakibat fatal jika tidak segera disembuhkan, untuk itu perlu dicegah dengan menggunakan jaket hangat.

Jaket harus sesuai ukuran tubuh

Tujuannya agar terasa nyaman saat bergerak. Ketika mendaki gunung, semua tenaga dan kemampuan akan dikerahkan. Tidak ada pikiran lain dalam kepala selain tiba di puncak dengan selamat. Maka, ketika pendakian seseorang dapat dipastikan akan melakukan gerak apapun demi bisa mencapai puncak gunung.

(Baca Juga: Wadaw! di Skotlandia Ada Rumah "Goyang" Terbesar di Dunia)

Pilih bahan anti air (waterproof)

Mendaki gunung tidak boleh asal menggunakan jaket, karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan keselamatan sang pendaki. Pilihlah jaket yang berbahan dengan jenis waterproof. Bahan ini bisa melindungi tubuh dan kepala pendaki dari air hujan dan segala jenis air lainnya.