nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Kenang Jasa Pahlawan, Yuk Kunjungi 5 Makam Pahlawan Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 15 406 1756660 hari-kemerdekaan-kenang-jasa-pahlawan-yuk-kunjungi-5-makam-pahlawan-ini-7DCzrIllsg.jpg TMP Kalibata (foto: Okezone)

KEMERDEKAAN bangsa Indonesia tentu tidak bisa lepas dari peran para pahlawan. Hampir sebagian besar dari pahlawan itu telah tiada, baik karena gugur di medan perang maupun karena sudah waktunya.

Untuk terus mengenang jasa-jasa pahlawan, tidak ada salahnya jika di momen Hari Kemerdekaan Ke-72 RI, kita berkunjung ke makam para pahlawan.

(Baca Juga: Tari Saman Massal, Persembahan Masyarakat Gayo untuk HUT Ke-72 RI)

Kebanyakan pahlawan memang dimakamkan di satu tempat bersama dengan pahlawan lain. Lebih dari 30 Taman Makam Pahlawan (TMP) tersebar di seluruh Indonesia. Inilah beberapa TMP yang bisa Anda ziarahi;

TMP Kalibata

(foto: Okezone)

Taman makam yang satu ini adalah taman makam yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama penduduk ibu kota. Terletak di Jakarta Selatan, taman makam ini memiliki luas yang mencapai 100 Ha.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 7.000 makam di TMP Kalibata. Dibangun sejak tahun 1953, isi dari TMP ini bukanlah makam semata. Tapi ada juga taman, area jogging, danau, dan area pengembangbiakan rusa.

TMP Dreded

(foto: Instagram/@vikaars79)

Taman makam ini memang tidak seterkenal TMP Kalibata. Tapi letaknya tidak jauh, yaitu berada di kawasan Bogor Selatan. Jumlah makam di sini pun tidak sebanyak dengan TMP Kalibata.

(Baca Juga: Tak Hanya Kereta, Naik KRL di Hari Kemerdekaan RI Juga Gratis!!!)

Tapi masih banyak yang sering mengunjungi taman makam ini untuk melakukan ziarah, sebut saja pemerintah setempat dan organisasi tertentu. Biasanya mereka yang berziarah ke sini terlebih dahulu melakukan tabur bunga di tugu yang terdapat di taman makam.

TMP Patriot Bangsa

(foto: instagram/@restu_fauzi_jd_toyota)

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa di Bekasi ada juga TMP yang bernama Patriot Bangsa. TMP ini letaknya berdekatan dengan pertigaan Bulak Kapal.

(Baca Juga: Liburan Bareng Keluarga di Tempat Kekinian Bandung, Banyak Spot Foto Ciamik)

Memang tidak banyak pahlawan yang dimakamkan di sini. Jumlah makamnya hanya 235 buah dan bukan berisi pahlawan-pahlawan terkenal. Tapi, jasa dari pahlawan yang terkubur di taman makam itu tidak bisa dilupakan begitu saja.

TMP Kusuma Negara

(foto: instagram/@rachmasafitri)

Sejumlah pahlawan terkenal seperti Jenderal Sudirman, Brigjen Urip Sumoharjo, Supeno dan Brigjen Katamso di makamkan di tempat ini. Di TMP Kusuma Negara setidaknya ada 1.946 makam. Bahkan beberapa makam ada yang berisi 2-4 jenazah.

(Baca Juga: Wadaw! di Skotlandia Ada Rumah "Goyang" Terbesar di Dunia)

TMP 10 November

(foto: Instagram/@shabrinananana)

Surabaya dikenal dengan sebutan kota pahlawan. TMP di kota ini dikenal dengan nama TMP 10 November. Terletak di Jalan Mayjen Sungkono, cukup banyak pahlawan yang dimakamkan di tempat ini. Selain TMP 10 November, masih ada taman makam lain di Surabaya yaitu TMP Kusuma Bangsa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini