Menelan Garam yang Mengandung Serbuk Kaca, Waspada Luka di Organ Dalam!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 481 1756371 menelan-garam-yang-mengandung-serbuk-kaca-waspada-luka-di-organ-dalam-LigFmJmTKe.jpg Ilustrasi (Foto: Healthizmo)

MASYARAKAT Kota Baru, Kalimantan Selatan, dihebohkan dengan temuan garam yang mengandung serbuk kaca. Peredaran garamnya sendiri sudah dijual bebas. Dengan merek DPA, garam yang mengandung seribuk kaca itu meresahkan masyarakat setempat.

Pemerintah setempat pun sudah diterjunkan langsung untuk mengecek keberadaan garam tersebut. Pencabutan garam DPA dari pasaran juga telah diperintahkan Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat.

(Baca Juga: HOAX, Kabar Viral Anak Lumpuh Akibat Vaksin MR, Menkes: Jangan Besarkan Masalah Ini!)

Sebelumnya, temuan garam dengan kandungan serbuk kaca itu dilaporkan seorang warga Cantung, Kelumpang Hulu, Abang Syifa. Menurut dia, keanehan terjadi setelah garam merek DPA saat dilarutkan tidak sepenuhnya larut. Masih ada serbuk yang tidak larut.

Menyikapi hal tersebut, sebaiknya masyarakat mulai semakin sadar akan bumbu masak yang akan dipakai. Keanehan seperti tidak larutnya garam, atau muncul warna setelah dilarutkan, harusnya menjadi penanda yang bisa Anda jadikan qlue.

(Baca Juga: Hari ke-13 Pelaksanaan Imunisasi MR, 12 Juta Anak di Pulau Jawa Sudah Divaksin)

Kemudian, terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari mengonsumsi garam mengandung serbuk kaca, Dokter Umum dr. Mei Vrayanti menyatakan itu tentunya berbahaya. Sebab, serbuk kaca adalah sesuatu yang tidak bisa diterima tubuh. Ketika benda asing masing ke dalam organ tubuh, maka reaksi tubuh pun akan terasa.

’’Bisa saja muntah-muntah atau mual berlebihan. Kemudian, bila sistem imunnya lemah, ketika serbuk kaca itu sudah masuk sampai ke lambung, bisa sebabkan diare,’’ terangnya pada Okezone melalui telewicara, Selasa (15/8/2017).

(Baca Juga: Patut Dicoba, 8 Perubahan Gaya Hidup untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular, Termasuk Diabetes!)

Dr. Mei melanjutkan, namun reaksi pertama yang harusnya terasa ada di lidah. Sekecil apapun benda asing yang bakal masuk ke tubuh, lidah bisa merasakan itu. Dan karena itu adalah kaca, maka bisa saja melukai lidah. Jaringan-jaringan yang ada di lidah bisa saja rusak setelah serbuk kaca tersebut masuk ke dalam mulut.

(Baca Juga: Pemberian Vaksin MR Aman untuk Anak Sebelum Usia 15 Tahun, Sudah Jaminan Halal dari MUI)

Kemudian, risiko lainnya juga bisa terjadi di tenggorokan. Kembali, walau serbuk kaca terbilang benda yang sangat kecil, itu memungkinkan untuk melukai tenggorokan. Alhasil, dampaknya adalah iritasi pada sistem pencernaan.

’’Bisa juga membuat luka di organ dalam tubuh jika memang serpihannya itu terbilang masih tajam atau bahkan sedikit lebih besar,’’ tambah dr Mei.

Intinya, jika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, itu bisa melukai organ dalam, khususnya di saluran pencernaan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini