Asyik! Ngemil Segenggam Kacang Almond Bantu Lawan Kolesterol Jahat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 481 1756537 asyik-ngemil-segenggam-kacang-almond-bantu-lawan-kolesterol-jahat-iy8p6exNZt.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SAAT waktu senggang, ngemil aneka jenis kacang-kacangan sangat dianjurkan. Salah satunya yakni makan Segenggam almond untuk membantu melawan kolesterol pemicu penyakit jantung.

Para ahli menyebutkan, kacang almond mengandung nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, asam lemak dan serat makanan. Nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, almond meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi tekanan darah. Anda juga mendapatkan keuntungan bisa menurunkan kadar kolesterol.

(Baca Juga: HOAX, Kabar Viral Anak Lumpuh Akibat Vaksin MR, Menkes: Jangan Besarkan Masalah Ini!)

Peneliti dari Pennsylvania State University di Amerika Serikat membandingkan tingkat dan fungsi high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik pada orang-orang yang makan kacang almond setiap hari. Perbandingannya dengan tingkat HDL dan fungsi dari kelompok orang yang sama saat mereka makan muffin.

(Baca Juga: Cegah Cacat Kelainan Bawaan Akibat Rubella, Menkes Imbau untuk Lakukan Imunisasi MR)

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang sering makan Segenggam kacang almond sehari, fungsi HDL mereka meningkat. Karena almond bekerja dengan mengumpulkan kolesterol dari jaringan, seperti arteri yang mengangkutnya keluar dari tubuh.

"HDL sangat kecil saat dilepaskan ke sirkulasi. Ini seperti kantung sampah yang perlahan-lahan menjadi lebih besar, karena mengumpulkan kolesterol dari sel dan jaringan sebelum menyetorkannya ke hati untuk dipecah," kata Profesor Kris Etherton, Profesor dari Penn State, dikutip Zeenews, Rabu (16/8/2017).

(Baca Juga: Hari ke-13 Pelaksanaan Imunisasi MR, 12 Juta Anak di Pulau Jawa Sudah Divaksin)

Periset memberikan makanan tinggi karbohidrat seperti muffin kepada 48 pria dan wanita yang menjadi responden. Hasilnya mereka semua mengalami peningkatan LDL atau kolesterol jahat dalam waktu periode diet enam minggu.

Kedua, peneliti memberikan makanan camilan berupa kacang almond sebanyak 43 gram. Usai dikontrol, peserta mengalami peningkatan HDL atau kolesterol baik.

"Diet almond meningkatkan fungsi HDL sebesar 6,4% pada peserta dengan berat badan normal," imbuhnya.

Oleh sebab itu, responden yang konsumsi kacang almond dengan rutin dapat mencegah penyakit jantung, stroke, serta beberapa jenis penyakit kronis lainnya.

Satu lagi, kacang almond mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Gizinya sangat baik, sehingga semua orang diimbau untuk mengonsumsinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini