Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 15 481 1756575 tinggalkan-roti-sarapan-makan-8-sayur-dan-buah-ini-bikin-perut-kenyang-sampai-siang-xDbeOxVTOq.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

BAGI sebagian orang, menu sarapan pagi menjadi semangat untuk makan kemudian baru beraktivitas. Tinggalkan roti dan nasi, ayo beralihlah pada sayur dan buah yang tetap mengenyangkan.

Sayangnya, masih banyak masyarakat di negara kita sarapan dengan menu tinggi karbohidrat. Bahkan, sebagian orang melewatkan sarapan sebelum pergi ke kantor atau sekolah untuk anak-anak.

Dilansir Timesofindia, Rabu (16/8/2017), berikut adalah 8 jenis sayuran dan buah yang mengenyangkan, serta cocok dikonsumsi kala sarapan. Berikut ulasannya yang wajib disimak lebih lanjut.

Kentang

Meskipun kandungan karbohidrat pada kentang tinggi, Anda diperbolehkan mengolahnya sebagai menu sarapan. Tapi jangan makan kentang goreng karena mengandung tinggi lemak jenuh.

(Baca Juga: HOAX, Kabar Viral Anak Lumpuh Akibat Vaksin MR, Menkes: Jangan Besarkan Masalah Ini!)

Anda bisa makan kentang kukus yang bisa dikombinasikan dengan sayuran lainnya. Para peneliti mengatakan, makan kentang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu ngemil.

Terong

Tidak semua orang suka terong, tapi tidak ada salahnya Anda makan sup terong yang menyegarkan. Terong kaya nutrisi antioksidan yang dibutuhkan setiap hari. Juga, saat makan sayuran itu perut Anda bisa kenyang lebih lama, sehingga pekerjaan tidak terganggu.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Tomat

Anda bisa membuat sandwich dengan bahan tomat bukan roti. Potong dua slice tomat dan tambahkan potongan ayam atau telur. Tomat tinggi akan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Pada penelitian, seseorang yang konsumsi tomat sering dapat bisa melawan penyakit kanker yang mematikan saat ini.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Ketimun

Ketimun dapat juga digunakan sebagai bahan pembuat sandwich. Potonglah ketimun dan tomat agar bisa menjadi kombinasi menu makanan yang tepat. Ketimun tergolong sayuran rendah kalori dan tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apel

Buatlah kombinasi salad apel yang bisa dijadikan sebagai menu sarapan pagi hari. Apel tinggi antioksidan, vitamin A, serat dan kaya air untuk mencegah dehidrasi. Anda harus mengonsumsinya bila tak ingin mengalami batuk dan flu, karena buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(Baca Juga: Efek Samping Setelah Imunisasi MR, Anak Hanya Akan Demam dan Ruam!)

Selada

Selada atau lettuce juga aman dikonsumsi sewaktu sarapan. Anda bisa lebih kreatif untuk membuat menu sarapan lumpia yang dibungkus dengan selada. Sayuran ini menyehatkan karena kaya kandungan air. Anda harus mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaatnya.

Nanas

Anda juga bisa mengolah nanas menjadi kulit pizza yang lezat. Lupakan dough pizza berbahan tepung. Ganti dengan irisan buah nanas, karena kaya vitamin C, antioksidan, dan mineral lainnya.

Wortel

Serutan wortel juga dapat dikonsumsi sebagai bahan salad. Wortel kaya akan vitamin A yang membantu menyehatkan mata. Makan wortel juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi yang harus Anda perhatikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini