HARI MERDEKA: Selain Nuansa Merah Putih, Padanan Busana Batik atau Kebaya Bisa Dikenakan untuk Rayakan HUT RI

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 194 1757233 hari-merdeka-selain-nuansa-merah-putih-padanan-busana-batik-atau-kebaya-bisa-dikenakan-untuk-rayakan-hut-ri-F7XmJlplQ1.jpg Ilustrasi kebaya (Foto: Okezone)

HARI Ulang Tahun Republik Indonesia memang selalu dimeriahkan dengan beragam hal dan kegiatan setiap tahunnya. Bagi Anda yang memerhatikan penampilan, tentu ingin rasanya menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan busana bernuansa merah-putih.

Namun, sejatinya penggunaan busana warna merah putih bukan satu-satunya trik berbusana saat tujuh belasan. Ada trik padanan busana lain yang bisa digunakan untuk menyemarakkan kemerdekaan RI. Bagaimana caranya?

Menurut desainer kenamaan Musa Widyatmodjo, perayaan 17 Agustus tak melulu menggunakan busana bernuansa merah dan putih. Ia menuturkan bahwa merah dan putih hanya lah sebuah warna.

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Trik Padu-padan Seru dalam Nuansa Merah Putih biar Tidak Terkesan Kayak Bendera

Tari Saman Massal, Persembahan Masyarakat Gayo untuk HUT Ke-72 RI

"Merah-putih itu hanya warna, kita bisa menggunakan busana-busana adat Indonesia. Yang wanitanya bisa pakai kebaya, entah itu kebaya klasik kutu baru atau kebaya kartini, baju kurung, atau baju-baju adat Indonesia lainnya. Sementara, prianya bisa menggunakan busana telok belangah," saran Musa Widyatmodjo yang dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Rabu (16/8/2017).

Lebih lanjut, penggunaan busana adat untuk menyemarakkan hari kemerdekaan merupakan hal yang penting. Pasalnya busana adat bisa menunjukkan identitas masyarakat Indonesia sesungguhnya di mata dunia tanpa mencampuradukkan dengan fesyen global.

Hal senada juga diungkapkan oleh celebrity stylist, Erich Al Amin. Menurutnya, selain menggunakan padanan busana merah-putih, kebaya dan batik juga bisa menjadi pilihan untuk menunjukkan rasa nasionalisme terhadap Tanah Air.

Stylist yang kerap mendandani sejumlah selebriti Indonesia, seperti Raisa, Ashanty, Titi Kamal, Astrid, dan Nindy Ayunda ini pun memberikan tips berbusana yang cocok dikenakan para pria saat merayakan tujuh belasan.

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Soto Tangkar, Lahir dari Keinginan Masyarakat Pribumi Menjajal Lezatnya Olahan Daging di Rumah Para Meneer Belanda

HARI MERDEKA: Yuk Lihat Koleksi Baju Bernuansa Merah-Putih hingga Kimono Batik

"Untuk cowok, bisa pakai kaos putih dengan celana chino coklat. Ini akan tetap menunjukkan sisi nasionalisme atau budaya Indonesia," kata Erich Al Amin yang dihubungi Okezone melalui pesan singkat, baru-baru ini.

"Tampilan kaos putih dan celana coklat itu kan seperti pejuang-pejuang zaman dulu," lanjutnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini