nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERUNGKAP! Orang Indonesia Paling Suka Coba-Coba Produk Kecantikan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 20:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 16 194 1757271 terungkap-orang-indonesia-paling-suka-coba-coba-produk-kecantikan-arW0Ee29a9.jpg Ilustrasi coba-coba produk kosmetik (Foto: FemSide)

SELAIN industri pariwisata, kuliner dan fashion yang perkembangannya begitu pesat. Rupanya ada satu sektor lagi yang membuat nama Indonesia makin berkibar di mata dunia, yakni industri produk kosmetik.

Bisa dikatakan, industri tersebut merupakan salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Tercatat dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan drastis yang sangat terlihat.

BACA JUGA:

Menurut data Menteri Perindustrian, nilai ekspor produk kosmetik Indonesia di tahun 2015 mencapai USD818 juta atau setara dengan Rp11 triliun. Sementara nilai impor pada tahun yang sama mencapai USD 441 juta, artinya terjadi surplus sekira 85 persen.

Hal itulah yang membuat pasar industri kecantikan Indonesia menduduki posisi ke 3 terbesar di Asia, yang mana produk kecantikannya banyak diproduksi dan digunakan, bahkan tak hanya di dalam, tapi juga luar negeri.

Rupanya hal tersebut didukung juga oleh perilaku orang Indonesia yang terbilang konsumtif, termasuk dalam hal urusan produk kecantikan. Alasannya pun sederhana, ternyata orang Indonesia paling suka coba-coba berbagai merek produk kosmetik.

"Indonesia adalah pasar yang memikat bagi pelaku industri kecantikan karena tingkat pengeluarannya yang tinggi untuk perawatan dan produk-produk kecantikan. Hal ini disebabkan oleh karakter orang Indonesia yang suka coba-coba berbagai merek produk kecantikan,” ujar Patricia Medina, Project Director PT Indonesia Trade Exposition selaku penyelenggara pameran bertajuk Beauty Professional Indonesia 2017 di Jakarta.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, jika dirunut berbagai produk kecantikan yang dimaksud berupa produk estetika semacam item perawatan rambut, perawatan wajah, kosmetik, produk pelangsing, make-up, hingga kebutuhan untuk SPA. Perilaku konsumtif akan produk kecantikan itulah yang mendukung industri produk kecantikan cukup menjanjikan.

Karena itu, saat ini banyak sekali rumah produsen produk kecantikan hingga rumah (klinik-Red) atau salon kecantikan dengan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini