nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

NASA Kirim Es Krim dan Ice Cream Cake untuk 6 Astronot di Luar Angkasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 15:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 16 298 1757007 nasa-kirim-es-krim-dan-ice-cream-cake-untuk-6-astronot-di-luar-angkasa-RXP6D9vUyR.png Ilustrasi es krim untuk astronot (Foto: Conservatives Outfitters)

SAAT mendengar kata astronot yang sedang berada di luar angkasa, pasti biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah mereka yang sedang bertugas di luar angkasa tersebut tidak bisa mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu, selayaknya manusia di bumi.

Hal tersebut secara garis besar, memang benar adanya. Akan tetapi bukan berarti para astronot tersebut tidak bisa menyantap makanan atau kudapan enak seperti kita-manusia yang berada di bumi. Tahukah bahwasanya, para astronot di luar angkasa pun masih bisa menyantap dessert seperti es krim.

Maka dari itulah, seperti disitat Foodandwine, Rabu (16/8/2017) NASA lewat SpaceX kemarin, Senin 14 Agustus pukul 12.31 waktu Amerika diketahui telah mengirimkan es krim rasa vanila, cokelat, serta birthday cake ice cream, dan beberapa candy bar es krim untuk para astronot nya di luar angkasa melalui roket Falcon 9 yang lepas landas meluncur dari Kennedy Space Center, Florida menuju International Space Station.

BACA JUGA:

Disebutkan lebih lanjut, paket berupa es krim vanila, cokelat, serta birthday cake ice cream, dan candy bar tersebut dibawa ke luar angkasa untuk bisa dinikmati oleh kurang lebih enam orang astronot yang bertugas, bersamaan juga dengan kargo paket lainnya yakni 20 ekor tikus (dibawa untuk tujuan penelitian). Untuk bisa membawa paket es krim ini, diketahui bahkan disediakan ruangan khusus di dalam kapsul roket sebagai tempat diletakannya freezer untuk menyimpan banyak es krim tersebut.

Mendapatkan kiriman berupa makanan penutup yang lezat seperti es krim dan juga kue ulang tahun tersebut, tentunya menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh para astronot yang bertugas. Pasalnya, seperti yang dikatakan oleh NASA, bahwasanya segala yang dikonsumsi oleh para astronot sejak dulu kala dinilai sebagai makanan yang menguji kesabaran karena tidak selalu hadir dengan rasa yang enak dan cara makan yang mudah.

Walaupun seiring dengan berjalannya waktu, sajian makanan untuk astronot NASA semakin mengalami peningkatan. Namun tetap dalam koridor yakni kebanyakan pilihan menunya adalah, menu makanan yang memiliki usia panjang, alias cukup tahan lama untuk dibekukan ataupun untuk dihangatkan kembali.

Belum lagi, dengan peraturan dari National Research Council yang mewajibkan untuk memberlakukan peraturan tegas soal asupan nutrisi para astronot. Mengingat para astronot tersebut, hidup di kondisi lingkungan yang asing dan punya efek pengaruh kuat untuk tubuh. Maka dari itu, para astronot yang akan berangkat ke luar angkasa, akan terlebih dahulu memilih menu makanan mereka pada periode waktu empat bulan sebelum waktu keberangkatan.

BACA JUGA:

Dengan adanya efek gravitasi di luar angkasa, faktanya walau semua yang bisa dimakan mempunyai cita rasa yang cukup enak. Namun bukan berarti menjadi mudah untuk dimasukkan ke dalam mulut, wah jadi penasaran ya kira-kira para astronot tersebut akan mengalami kesulitan atau tidak ya saat menyuap es krim-es krim yang dikirim dari bumi ini?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini