nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Rugi Mengonsumsi 5 Makanan Ini Setiap Hari, Paling Murah Bayam & Tomat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 16 298 1757046 tidak-rugi-mengonsumsi-5-makanan-ini-setiap-hari-paling-murah-bayam-tomat-UZBlPwP9iM.jpg Makanan sehat baik dikonsumsi setiap hari (Foto:Ist)

SEMUA makanan tentunya memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kendati demikian, tidak semua makanan dapat Anda konsumsi secara terus menerus, agar nutrisi yang diterima tubuh tidak terlalu berlebihan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan untuk menghindari Anda dari berbagai penyakit berbahaya seperti obesitas, jantung, hingga kanker.

BACA JUGA:

Ungkap Karakter Seseorang dengan Pilihan Minuman Kopi yang Disukai

HARI MERDEKA: Bikin 2 Makanan Lezat Bertema Merah Putih, Mau Puding atau Jus

Namun, ada pula jenis makanan yang aman untuk Anda konsumsi setiap hari, dan tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Huffington Post, Selasa (15/8/2017).

Bayam

 

Sayuran berdaun hijau gelap ini merupakan sumber omega-3 dan folat nabati yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Tidak hanya itu, kandungan folat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian bawah tubuh Anda. Jika diolah dengan benar, bayam juga mengandung senyawa lutein yang dapat melawan degenarsi makula (penurunan fungsi mata). Sayur bayam biasanya dimasak bening atau diolah sebagai salah satu bahan campuran salad.

Yogurt

Makanan berusia 2.000 tahun ini tidak diperlu diragukan lagi khasiatnya. Proses fermentasi pada saat mengolah yogurt ternyata menghasilkan jutaan organisme probiotik yanng berkhasit menjaga kesehatan tubuh Anda. Senyawa ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker. Namun, tidak semua yogurt mengandung probiotik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli produk yogurt.

Tomat

Ada dua hal penting yang perlu Anda ketahui tentang tomat. Pertama, tomat yang memiliki warna merah dan masih dalam keadaan segar, cenderung mengandung lebih banyak antioksidan lycopene. Sedangkan tomat yang sudah diolah, kandungan lycopene antioksidannya cenderung lebih sedikit dibandingkan tomat segar. Lycopene dipercaya ampuh menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, prostat, kulit, serta penyakit arteri koroner. Sehingga tidak mengherankan jika banyak ahli kesehatan menganjurkan kita untuk mengonsumsi segelas jus tomat setiap harinya.

BACA JUGA:

Selain Memperpanjang Umur, Ini yang Terjadi Jika Anda Rajin Mengonsumsi Makanan Pedas

 

Tepuk Tangan! Festival Ini Bikin Telur Dadar Raksasa Terbuat dari 10 Ribu Telur Ayam

Blueberi

Selama ini, blueberi memang dikenal sebagai sumber antioksidan yang ampuh untuk mencegah kanker, diabetes, dan memulihkan memori yang disebabkan faktor usia . Sebuah studi juga menunjukkan bahwa blueberi kaya akan serat dan vitamin A dan C, serta ampuh meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Jika bingung mengolahnya, Anda membuat segelas smoothie lezat yang diolah dengan 1 cangkir blueberi segar.

Wortel

 

Sebagian besar sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, memiliki kandungan karotenoid yang berfungsi untuk mengurangi berbagai risiko kanker dan penyakit asma. Agar nutrisi dan vitamin yang terkandungnya tetap terjaga dengan baik, Anda bisa mengolah wortel dengan juicer lalu sajikan bersama es batu untuk menambah sensasi segarnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini