Lupakan Sayuran Segar, 4 Kelebihan Frozen Vegetables Wajib Anda Ketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 298 1757328 lupakan-sayuran-segar-4-kelebihan-frozen-vegetables-wajib-anda-ketahui-V5PSA8UiH2.jpg Sayuran beku (Foto:CBS)

TREN superfoods yang tengah digandrungi saat ini, memang berhasil mengubah pola hidup sebagian besar pencinta kuliner di dunia. Mereka mulai rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar sebagai salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan. Berawal dari hal tersebut, berbagai persepsi pun mulai bermunculan, salah satunya menyebutkan bahwa sayuran atau buah-buahan yang layak dikonsumsi adalah yang masih dalam kondisi segar.

 BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Tumbuhkan Kecintaan Akan Kuliner Tradisional dengan Makan di 4 Restoran Bertemakan HUT RI

Presiden Joko Widodo Cicipi Masakan Ikan Juara Lomba Masak, Ini Tanggapannya

Namun tahukah Anda, menurut sebuah penelitian, kandungan nutrisi yang ada pada sayuran segar sebetulnya sama dengan frozen vegetables (sayuran beku). Dari segi rasa dan tekstur, keduanya memang memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Meskipun demikian, sayuran beku ternyata memiliki beberapa kelebihan yang mungkin belum Anda ketahui. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Rabu (16/8/2017).

Menghemat banyak uang

Di sejumlah negara seperti New York, sayuran dan buah-buahan segar dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Bayangkan saja, untuk memperoleh satu butir alpukat, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp33.000. Untuk mengakali hal tersebut, frozen vegetable atau sayuran beku bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut, Anda bisa menghemat pengeluaran hingga Rp200.000 per minggu.

 

Memiliki nutrisi yang sama

Meski teksturnya tidak sesempurna saat pertama kali dipetik, kandungan nutrisi yang ada pada sayuran beku ternyata sama dengan sayuran segar. Sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk mengolah sayuran segar setelah membelinya di supermarket. Tidak hanya itu, sayuran beku juga sangat fleksibel untuk diolah. Anda bisa mengolahnya kapanpun Anda inginkan.

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Rayakan HUT RI, Makan Enak Ekstra Diskon Hingga 45 Persen di 8 Restoran Kawasan Jakarta Pusat dan Selatan

URBAN FOOD: Ayo Lebih Gemar Makan Ikan, Olahan Ikan Sarden Bikin Makan Makin Lahap

Tahan lama

 

Mengingat sayuran ini telah melalui proses pembekuan, tentu saja masa kadaluwarsanya (layak konsumsi) cenderung lebih lama dibandingkan sayuran segar. Anda bahkan bisa menyimpan sayuran beku untuk persediaan hingga dua minggu ke depan. Yang perlu Anda lakukan cukup meletakkan sayuran tersebut di dalam freezer dan atur agar suhunya tetap stabil.

Mudah untuk diolah

Banyak yang berpikir bahwa untuk mengolah sayuran beku, sayuran harus dicairkan terlebih dahulu. Namun ternyata, Anda tidak perlu repot-repot melakukan hal tersebut. Jika ingin memanggang sayuran beku, Anda hanya perlu mengoleskan wajan dengan sedikit minyak alpukat, lalu biarkan beberapa saat. Setelah es mencair, Anda bisa menaikkan suhu api hingga permukaan sayuran terlihat sedikit “terbakar”. Pastikan api yang digunakan cukup tinggi agar es langsung menguap.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini