HARI MERDEKA: Mau Ikut Lomba Tarik Tambang? Perhatikan Risiko Kesehatan Ini Dahulu Ya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 16 481 1757390 hari-merdeka-mau-ikut-lomba-tarik-tambang-perhatikan-risiko-kesehatan-ini-dahulu-ya-OqU3PH1hEf.jpg Lomba tarik tambang (Foto: Okezone)

HARI Kemerdekaan menjadi momen bersejarah yang terjadi hanya sekali dalam setahun. Semua warga Indonesia akan riuh bersemangat merayakan hari terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan yang pernah terjadi 72 tahun yang lalu itu. Bentuk perayaannya pun bermacam-macam.

Ada yang sekadar mengikuti upacara bendera di pagi hari pada 17 Agustus atau ramai-ramai menghias kampung dengan beraneka ragam pajangan atau bendera Merah Putih yang diletakkan di depan rumah. Tak ketinggalan, panggung kecil dan juga lapangan berhias atribut merah putih pun terlihat. Perlombaan khas Hari Kemerdekaan pun berlangsung.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Tumbuhkan Kecintaan Akan Kuliner Tradisional dengan Makan di 4 Restoran Bertemakan HUT RI)

Banyak permainan khas kemerdekaan yang terkenal. Bahkan, di beberapa wilayah di Indonesia, perlombaannya disesuaikan dengan budaya yang ada di daerah tersebut. Namun, salah satu yang sepertinya wajib adalah adalah tarik tambang.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Seru! Pasien Gangguan Kejiwaan Ikuti Lomba Agustusan)

Bila menelisik jauh ke belakang, permainan tarik tambang terinspirasi dari pekerjaan masyarakat Indonesia yang banyak menggunakan tali tambang. Pada masa penjajahan, ketika ingin menarik benda berat seperti batu atau pasir, bangsa Indonesia menggunakan tali tambang sebagai medianya.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan saat bekerja itu malah dijadikan permainan dan hiburan tentunya. Saking nggak ada permainan lainnya yang bisa dimainkan.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: 4 Rumah Sakit Ini Menjadi Saksi Bisu Kemerdekaan Indonesia)

Tarik tambang juga dimainkan saat Hari Kemerdekaan sebagai bentuk penghormatan pahlawan akan jasa-jasanya kepada negara ini. Permainan itu juga digunakan sebagai media untuk menggairahkan semangat juang dalam membela bangsa. Tujuan lainnya juga adalah membentuk keakraban antar masyarakat yang mungkin sekarang mulai tergerus.

Nah, bagi Anda yang berencana bermain tarik tambang, persiapkan badan Anda dari sekarang. Minimnya pemanasan sebelum bertanding akan memengaruhi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, dijelaskan Dokter Umum dr. Mei Vrayanti, dari permainan tarik tambang, terkandung risiko kesehatan, lho.

(Baca Juga: Penyakit Psoriasis Tidak Menular, Tapi Dampaknya Ganggu Kesehatan Fisik Dan Mental)

Sebut saja gangguan otot lengan. ’’Pada permainan tarik tambang, fokus tenaga terdapat di lengan. Ketika lengan Anda tidak siap untuk merespon energi yang terlalu besar, dampak mudahnya adalah terjadi kram tangan,’’ terang dr Mei pada Okezone, baru-baru ini.

Dr Mei melanjutkan, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa menggunakan salep hangat atau sekadar minyak yang bisa membuat rasa kram tersebut hilang. Selain berpengaruh pada otot lengan, tarik tambang juga berisiko membuat tangan Anda keseleo.

Hal ini terjadi paling sering karena kondisi lengan Anda tidak siap dan harus memokuskan tenaga pada titik lengan. Salah gerak sedikit saja bisa berakibat fatal. Hati-hati selalu, ya, sebelum bertanding!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini