Bagar Hiu Hingga Sate Buntel, Deretan Makanan Favorit Para Presiden Indonesia Mulai dari Soekarno Hingga Joko Widodo

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 17 298 1757884 bagar-hiu-hingga-sate-buntel-deretan-makanan-favorit-para-presiden-indonesia-mulai-dari-soekarno-hingga-joko-widodo-PYT8veAJYv.png Sate buntel (Foto: Indonesiamerahputih)

BANGSA Indonesia ini, tentunya adalah hasil perjuangan keras dari para pahlawan yang berjuang mati-matian memerdekakan bangsa Indonesia dari belenggu masa penjajahan oleh bangsa asing, mulai dari Belanda, Jepang hingga Portugis.

Bicara soal makanan, pernahkah Anda penasaran dengan makanan jenis apakah yang disukai oleh para sosok-sosok pejuang Indonesia, termasuk di dalamnya ialah deretan sosok yang pernah menjadi Presiden Republik Indonesia. Di mana figure seorang presiden adalah sosok krusial, untuk memperjuangkan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia atau NKRI.

Nah daripada penasaran, baca dulu yuk ulasan soal makanan favorit para presiden Indonesia mulai dari Ir. Soekarno hingga yang menjabat sekarang, Joko Widodo di bawah ini, seperti yang telah dirangkum oleh Okezone dari berbagai sumber, Kamis (17/8/2017).

BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Jangan Terlewat untuk Nikmati Keseruan dan Diskon Belanja Sampai 72 Persen di 9 Mal Ibu Kota!

HARI MERDEKA: Jajanan Kaki Lima Bisa Masuk dan Disajikan di Hotel Bintang 5!

Soekarno 

Presiden pertama yang dimiliki oleh Indonesia ini dikenal sebagai sosok yang sangat menyukai makanan-makanan tradisional seperti nasi jagung, sate, rawon dan sayur lodeh. Menurut Soekarno, nasi jagung melambangkan kerja keras dari para petani, dan membuktikan bahwasanya Indonesia adalah bangsa agraris. Satu lagi makanan favorit Soekarno yang kini sepertinya sudah tidak ada, yakni Bagar Hiu khas Bengkulu, ialah olahan daging ikan hiu yang dimasak seperti olahan rendang yang berwarna kecoklatan dan memiliki sedikit kuah. Selain itu, Soekarno juga dikenal gemar menyantap menu Pais Ikan. Pais adalah sejenis masakan pepes ikan yang terkenal dari Jawa Barat. Bedanya, Pais Ikan tidak menggunakan ikan mas, melainkan ikan gebu dan ikan buli khas Bengkulu

Soeharto

Presiden kedua Republik Indonesia dengan masa jabatan terlama ini, ternyata pribadi yang cukup sederhana soal makanan. Pasalnya, menu favoritnya ialah hanya sambal goreng tempe yang disebutkan adalah menu wajib dalam menu makanan sehari-hari sosok yang akrab disebut pak Harto ini. Selain sambal goreng tempe, Soeharto juga suka makanan khas Solo yakni Cabuk, terbuat dari wijen hitam ini diolah oleh juru masak Ndalem Kalitan dengan bahan baku asal Wonogiri. Selain itu, sayur lodeh buatan ibu Tien serta tempe bacem dan ikan bakar juga disebutkan sebagai menu makanan favorit pak Harto.

Habibie 

Presiden sekaligus profesor genius di bidang penerbangan ini, ternyata sangat menyukai masakan Padang loh! Beliau diketahui kerap mengunjungi rumah makan padang yang berada di jalan Juanda, seberang Kantor Sekretariat Negara RI. Ketika bersantap di sini, ayam goreng selalu jadi pilihan Habibie. Sedangkan untuk minuman, jus terong Belanda yang dicampur dengan sirsak jadi minuman kesukaan dari Habibie.

Abdurrahman Wahid

Sama dengan Habibie, presiden yang akrab disapa Gusdur ini juga hobi menyantap makanan Padang, restoran masakan Padang terkenal yakni di Rumah Makan Sederhana yang terletak di dekat kantor PBNU Jakarta disebutkan sebagai salah satu tempat makan kesukaannya. Biasanya Gusdur akan memesan mulai dari dendeng batoko, otak sapi gulai dan limpa gulai. Untuk minuman, Gusdur hanya akan memesan dua menu yakni di antara jus alpukat atau es teh tawar.

Megawati 


Satu-satunya presiden wanita yang pernah dimiliki Indonesia sejauh ini, ternyata juga merupakan pribadi yang sederhana soal menu makanan. Seorang Megawati memilih ikan bakar Gianyar khas Bali di sebuah warung, Warung Ikan Bakar Pak Made sebagai salah satu jenis makanan favoritnya. Selain ikan bakar Gianyar, Megawati juga disebutkan suka dengan udang bakar sambal terasi yang juga buatan warung Pak Made tersebut. Bahksan saking sukanya, jika tidak sempat datang ke warung ini biasanya Megawati akan memesan makanan kesukaannya itu untuk dibawa ke villa miliknya di Pantai Cucukan Gianyar atau ke Istana Tampaksiring.

Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden RI ke-enam ini juga diketahui sangat suka dengan makanan khas Indonesia yang sangat merakyat yakni pecel lele, pecel Madiun, tahu, tempe dan kerupuk adalah kesukaan ayah dari Agus dan Ibas Yudhoyono ini. Bahkan saat bersantai di Istana pun, sajian seperti tempe bacem dan tahu wajib terhidang di meja SBY. Tak lupa staff istana juga harus siap sedia cabe rawit kemanapun karena SBY suka makan tahu maupun tempe menggunakan cabe rawit. Selain itu, SBY juga sangat suka dengan Soto Ayam olahan juru masak istana bernama Ibu Budi yang disajikan dengan kerupuk kampung, kerupuk udang, rengginang serta sambal hijau dan merah.

 BACA JUGA:

HARI MERDEKA: Yuk Belajar Sejarah dengan Riang Gembira di Teater Proklamasi

HARI MERDEKA: Indonesia Patut Bangga, 3 Tempat Wisata Ini Sukses Taklukkan Dunia

Joko Widodo 

Dikenal publik sebagai pribadi yang bersahaja dan sederhana, seorang Jokowi untuk menu makanan favorit ternyata memang hanya menyukai menu yang simpel. Yakni ikan bakar dan sederet makanan sederhana lainnya yaitu sayur, ikan, tahu dan tempe. Namun khusus di saat pulang kampung ke Solo, Jokowi tidak akan lupa untuk menyempatkan waktu ke warung Bu Bejo demi menyantap hidangan Sate Buntel.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini