Image

Hasil Medical Check Up Normal, Orang Gemuk Tak Berisiko Penyakit Jantung?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017, 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 17 481 1757941 hasil-medical-check-up-normal-orang-gemuk-tak-berisiko-penyakit-jantung-JisUu39m3u.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

BEBERAPA orang yang mengalami obesitas ketika melakukan pemeriksaan ternyata tekanan darah serta kadar kolesterol dan gulanya normal. Biasanya mereka menjadikan alasan itu untuk meneruskan gaya hidup tidak sehatnya. T

api yang perlu diingat, hasil tes normal itu tidak membuat mereka terhindar dari risiko tinggi penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh para ahli yang mempelajari data kesehatan lebih dari setengah juta orang di 10 negara Eropa.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Berdasarkan hasil analisis, sebanyak 7.637 orang menderita penyakit jantung dan salah satu risikonya adalah berat badan berlebih. Dalam penelitian itu, orang-orang yang obesitas tapi memiliki tekanan darah serta kadar kolesterol dan gula normal berisiko 28% untuk mengembangkan penyakit jantung.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Para peneliti dari Imperial College London dan University of Cambridge mengatakan temuan ini merupakan pengingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi lemak menyimpan masalah kesehatan di masa depan. “Orang yang kelebihan berat badan mungkin tergolong sehat tapi bukan berarti metabolisme tubuhnya juga sehat. Jika dibiarkan, suatu hari nanti mereka bisa mengalami masalah serius seperti serangan jantung,” tutur Dr Ioanna Tzoulaki dari Imperial’s School of Public Health seperti yang dikutip dari BBC, Jumat (18/8/2017).

Menurut peneliti, kelebihan berat badan memang tidak meningkatkan risiko penyakit jantung secara langsung. Tapi seiring berjalannya waktu akan ada peningkatan tekanan darah dan kadar glukosa yang tinggi.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Peningkatan itulah yang memicu terjadinya serangan jantung. Profesor Metin Avkiran dari British Heart Foundation mengatakan hasil penelitian ini berfungsi sebagai pengingat bahwa menjaga berat badan normal adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung.

Untuk membuat jantung tetap sehat, Anda harus makan makanan seimbang, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan membatasi asupan alkohol. Cara-cara ini juga bukan hanya menjaga kesehatan jantung melainkan bagian tubuh yang lain.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Penelitian lain menunjukkan orang-orang obesitas bisa jadi tetap sehat karena memiliki gen yang tepat. Namun mereka tetap harus mengubah pola hidupnya karena gen yang tepat itu tidak menjamin mereka berada dalam kondisi yang aman. Gaya hidup yang buruk tetap membawa dampak negatif pada kesehatan di kemudian hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini