nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Berani Coba? Lomba Makan Tahu 20 Cabai

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 00:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 18 298 1758040 hari-merdeka-berani-coba-lomba-makan-tahu-20-cabai-tw6FdMAXHm.jpg

JAKARTA - Lomba makan tahu isi 20 cabai rawit diikuti oleh lebih dari 50 orang di Jalan Pengadegan Timur II, Jakarta Selatan, Kamis untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-72 tanggal 17 Agustus.

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 mulai marak diselenggarakan di berbagai daerah dengan cara yang unik dan khas daerah masing-masing.

Salah satunya adalah panitia perayaan di RT 10 RW 01 Pengadegan Timur II, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan yang membuat lomba lomba makan tahu isi cabai rawit 20 biji.

Lomba makan tahu ini hanya boleh diikuti oleh orang dewasa umur 20-30 tahun.

Seorang ibu rumah tangga, Jamila (37) mengungkapkan percaya yakin menang untuk mengikuti lomba makan tahu isi 20 biji cabai rawit. "Saya sudah biasa makan cabai banyak, kalau hanya 20 biji cabai rawit mah gampang," kata Jamila.

(Baca Juga: Lomba Unik, Hormat Bendera Selama 17 Jam 8 Menit 45 Detik)

Lomba makan tahu isi 20 cabai rawit menjadi lomba favorit dan ditunggu-tunggu warga karena lomba tersebut merupakan pertama kalinya diselenggarakan.

Semangat warga ditunjukkan dengan menggunakan atribut-atribut seperti pita, sticker kulit dan pakaian berwarna merah dan putih.

Kegiatan lomba ini diawali dengan upacara dan lomba ringan seperti lomba memasukkan ikan ke dalam gelas khusus anak-anak berumur tiga-lima tahun, lomba memindahkan air dari satu ember ke ember yang lain dengan menggunakan piring kecil, dan lomba meminum susu menggunakan botol dot bayi yang diikuti anak-anak berumur tujuh-12 tahun.

Warga mulai berbondong-bondong hadir di depan Mesjid Jami Darul Muktar sejak pagi. Perayaan HUT RI ini diikuti oleh bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak.

"Tujuan dari perayaan Tujuh Belasan ini yang pertama untuk mengenang rasa nasionalisme, yang kedua kegiatan ini dari warga dan untuk warga juga manfaatnya, dan yang ketiga untuk mengeratkan silahturahim antarwarga," kata Ketua RT 10 Teungku Afifudi (50).

Selain lomba memakan tahu isi 20 biji cabai rawit, ada juga lomba cerdas cermat yang diwajibkan untuk anak-anak mulai dari umur tujuh-12 tahun.

(Baca Juga: Mau Tahu Makanan Favorit Jokowi? Simak "Cerita dari Balik Dapur Presiden")

Lomba cerdas cermat ini bertujuan untuk mengasah kecerdasan dan menambah pengetahuan anak-anak di kawasan RT 10, Pengadegan Timur II, Jakarta Selatan.

Afifudin berharap para warga dapat terus menjalin hubungan baik antarwarga dan turut serta membantu warga lain yang sedang kesulitan.

"Selain itu saya harap anak-anak yang mengikuti lomba-lomba bisa menambah pengetahuan, pemahaman dan semakin percaya diri," kata Afifudin.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini