Share

Kenapa Bungkus Keripik Kentang Menimbulkan Suara Berisik saat Dibuka? Ternyata Ada Alasannya Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 298 1758288 kenapa-bungkus-keripik-kentang-menimbulkan-suara-berisik-saat-dibuka-ternyata-ada-alasannya-loh-Fa0JVvAf0Y.png Keripik kentang (Foto: Metro)

KUDAPAN keripik kentang yang gurih dan renyah, tidak dipungkiri menjadi salah satu pilihan kudapan ringan yang dipilih oleh banyak orang saat ingin mengemil sesuatu.

Namun pernahkah Anda menyadari, di saat hendak membuka kemasan keripik kentang tersebut, mengapa selalu ada suara cukup kencang alias berisik yang ditimbulkan dari gesekan kantung kemasan keripik kentang karena sedang ditarik-tarik hendak dibuka?

Ternyata, mengapa kemasan keripik kentang cukup sulit dibuka sehingga selalu menimbulkan suara berisik saat hendak dibuka ini ada alasannya loh! Alasannya ialah karena, menurut hasil dari sebuah studi menyebutkan pada dasarnya kita sebagai konsumen akan menganggap keripik kentang akan jauh lebih enak dan renyah untuk dimakan apabila sudah ada suara berisik yang ditimbulkan mulai dari saat membuka kemasan, dibandingkan dengan keripik kentang yang punya kemasan mudah dibuka.

BACA JUGA:

Kecanduan Ngemil Keripik Asin? Nih Sebabnya Harus Dicegah

Mau Ngemil yang Gurih-Gurih? Ini 3 Keripik yang Wajib Jadi Pilihan

Studi di atas tersebut, dilakukan oleh seorang profesor dari Universitas Oxford, Charles Spence. Charles mencoba melakukan uji studi tentang suara bungkus kemasan keripik kentang ini, dengan mengetes para peserta survet yang menyantap keripik kentang sambil menggunakan earphones.

Lebih lanjut diketahui, sebagaimana disitat Metro, Jumat (18/8/2017) dari survey ini Charles mendapati hasil bahwasanya ketika para peserta yang mengonsumsi keripik kentang dengan catatan mendengar suara berisik dari kemasan yang susah dibuka, akan mempunyai dugaan atau sugesti bahwa keripik kentang yang dimakan lebih enak dan lebih renyah.

Lain cerita dengan para peserta yang menutup kupingnya dengan earphones, sehingga tidak bisa mendengar suara berisik gesekan kemasan keripik kentang. Mereka menganggap rasa keripik kentang yang dimakan, tidak terasa renyah dan apek.

Charles sendiri menganggap, bahwa ekspektasi yang timbul secara alami terhadap suatu makanan lah yang akhirnya membuat banyak orang merasa rasa dan tekstur keripik kentang dari kemasan yang berisik karena susah dibuka akan lebih baik. Sehingga inilah yang membuat timbulnya semacam sugesti bahwa ketika 'suara berisik' tersebut tidak terdengar, maka orang akan langsung berfikiran ada sesuatu yang salah pada produk makanan tersebut.

Hingga pada akhirnya, 'pengetahuan' inilah yang digunakan oleh para produsen untuk mendatangkan keuntungan bagi mereka selaku produsen dengan secara sengaja membuat kantung kemasan keripik kentang akan menimbulkan suara berisik sedemikian rupa saat dibuka, sehingga membuat para konsumen akhirnya cenderung berfikir bahwa keripik kentang tersebut hadir dengan cita rasa yang lezat dan tekstur yang renyah.

 BACA JUGA:

Ini Keripik Kentang Termahal di Dunia Dibanderol Rp731 Ribu! 

Wow, Ada Keripik Kentang Rasa Salad Mentimun

"Suara dari makanan itu dianggap penting, suara yang timbul dari kemasan packaging dan atmosfir makanan itu sendiri. Mulai dari yang simpel seperti suara bungkus keripik kentang, sampai suara letupan kecil dari tutup botol wine atau champagne yang sedang dibuka, itu bisa mempengaruhi rasa senang dari kita sebagai yang mengonsumsi," imbuh Charles.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini