nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SHARE LOC: Ngobaran, Pantai di Yogyakarta dengan Sentuhan Nuansa Bali

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 11:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 18 406 1758176 share-loc-ngobaran-pantai-di-yogyakarta-dengan-sentuhan-nuansa-bali-ErmdYiU55o.jpg Pantai Ngobaran, Yogyakarta (foto: Dada Sathilla/Okezone)

BILA Anda ingin berlibur ke Bali namun belum sempat, tak perlu kecewa. Karena satu pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini bernuansa Bali lengkap dengan patung-patung dari epos Ramayana.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Kabupaten Gunung Kidul kian populer di kalangan para travelLer berkat lokasi-lokasi wisatanya yang eksotis. Salah satu yang menjadi primadona kabupaten ini adalah wisata pantai. Meski beberapa terletak di lokasi yang tersembunyi dan memerlukan perjuangan untuk menuju ke pantai ternyata tak menyurutkan semangat para traveller untuk mengunjungi pantai.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Kisah Kalisosok, Penjara Bawah Tanah yang Kejam di Surabaya)

Satu pantai yang indah dan menjadi favorit di kawasan ini adalah Pantai Ngobaran. Pantai ini memiliki nuansa Bali dengan adanya pura, patung-patung cerita Ramayana seperti garuda dan hanoman hingga kata-kata bijak dalam Hindu.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Adanya patung garuda yang terletak di tepi tebing membuat pantai ini semakin mirip dengan suasana di pantai Uluwatu, Bali. Terletak di desa Kanigoro, Saptosari, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, pantai Ngobaran bisa dicapai dengan berkendara selama 2 jam dari pusat kota Yogyakarta.

(Baca Juga: Tari Saman Massal, Persembahan Masyarakat Gayo untuk HUT Ke-72 RI)

Perjalanannya sendiri mudah karena infrastruktur di Gunung Kidul sudah bagus, terutama di kota Wonosari. Jalanan menuju pantai mulus dan sering berkelok serta naik turun.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Mengunjungi pantai Ngobaran tidak dipungut biaya tiket. Anda bisa berfoto di sekitar area pura, gapura dan patung-patung Hindhu. Ada beberapa fotografer yang siap memotret dan mencetak foto dengan biaya Rp10.000 saja untuk per foto yang dicetak.

(Baca Juga: Liburan Bareng Keluarga di Tempat Kekinian Bandung, Banyak Spot Foto Ciamik)

Pantainya sendiri terletak agak jauh dari gapura dan patung. Anda perlu menuruni tebing untuk menuju ke pantai. Untungnya sudah dibuat semacam tangga, namun mesti tetap berhati - hati saat turun karena di sekitar tangga ada banyak batu karang yang tajam.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

Karena lokasinya yang didominasi batu karang, pasir di pantai Ngobaran tak sebanyak di pantai lainnya. Namun anda tetap bisa berenang di beberapa kolam di sekitar batu karang atau sekadar duduk santai di batu karang.

Tak cuma dikunjungi para wisatawan, kadang warga lokal juga turun ke dekat laut untuk mencari rumput laut dan memancing. Kegiatan ini menjadi tontonan menarik bagi wisatawan.

(Baca Juga: Rindu Travelling Menantang, Medina Kamil Penasaran Jelajahi Mentawai)

Meski baru saja naik daun, di pantai Ngobaran juga telah tersedia fasilitas warung, tempat ibadah, toilet dan parkir. Jadi kalau anda sedang kangen Bali, kunjungi aja Pantai Ngobaran.

(foto: Dada Sathilla/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini