Pentingnya Air Liur untuk Kesehatan Gigi, Begini Penjelasan dari Dokter!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 09:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 481 1758150 pentingnya-air-liur-untuk-kesehatan-gigi-begini-penjelasan-dari-dokter-EfqhqYA3lF.jpg Sakit gigi (Foto: Reference)

MENJAGA dan merawat kesehatan gigi mutlak keharusan. Karena jika tak dirawat, gigi yang tak sehat bisa menjalar ke penyakit lainnya. Tak sekadar merawat gigi secara rutin, makanan yang mengandung kalsium pun diklaim bisa memperkuat gigi.

" Kita dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium dan mineral, yang banyak pada susu, keju, yogurt," ucap Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, belum lama ini.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Selain itu, menurut dokter gigi yang akrab disapa Dokter Mirah ini, ada satu hal yang harus dipenuhi oleh setiap orang agar gigi tetap sehat yaitu air liur. Air liur berfungsi sebagai pembersih alami yang terdapat di dalam mulut. Untuk itu, kita semua wajib mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu merangsang produktivitas dari air liur.

"Setiap orang juga harus mengonsumsi makanan yang menstimulasi kelenjar untuk menghasilkan air liur, karena peran air liur atau saliva ini sangat penting sebagai natural wash, untuk membersihkan sisa-sisa makanan, bakteri-bakteri yang ada di rongga mulut," tambahnya.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Dokter Mirah juga menegaskan, menjaga, merawat dan membersihkan gigi sebaiknya dibiasakan sejak kecil ketika anak sudah memiliki satu buah gigi. Membersihkan gigi anak yang baru memiliki gigi pastinya berbeda dengan menyikat gigi pada anak-anak yang sudah berusia tiga hingga 13 tahun.

“Balita yang sudah berusia 6 hingga 8 bulan biasanya sudah tumbuh giginya maka orangtua dari balita  telah berkewajiban untuk membersihkan gigi anaknya tapi tidak dengan sikat gigi, namun pakai kain kasa yang dibasahkan,” pungkasnya.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini