nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keracunan Bahan Kimia? Minum Susu Bisa Dijadikan Pertolongan Pertama!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 18 481 1758194 keracunan-bahan-kimia-minum-susu-bisa-dijadikan-pertolongan-pertama-4PWTJtB3up.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

TIDAK sengaja Anda menelan bahan kimia berbahaya? Jangan panik. Bila dampak yang dirasakan belum begitu kuat, seperti mual-mual atau bagian mulut dan tenggorokan terasa panas, sebaiknya Anda segera mengonsumsi susu murni.

Seperti yang direkomendasikan Dokter Spesialis Anak Konsultan RSAB Harapan Kita dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K), dengan mengonsumsi susu, setidaknya organ dalam tubuh terlindungi. Hal tersebut karena, susu mampu menjadi benteng dari penyebaran racun bahan kimia yang sudah masuk ke tubuh. Penyerapan zat berbahaya tersebut pun bisa dihentikan bila Anda mengonsumsi susu.

"Tapi, perlu digarisbawahi, susu bukan obat keracunan. Tetapi, sebagai medium untuk mensterilkan organ dalam tubuh," paparnya kepada Okezone di Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa hari yang lalu.

(Baca Juga: Duh! 1.000 KIS Salah Sasaran, Ada PNS dan Guru yang Menerima)

Dr. Ariani melanjutkan, semakin banyak susu yang Anda konsumsi setelah bahan kimia atau racun berbahaya masuk ke tubuh, semakin baik juga benteng tubuh Anda. Sebab, pelapis organ tubuh menjadi lebih kuat dan tebal. Kemudian, dengan mengonsumsi susu, tubuh secara alami akan membilas racun tersebut dan mengeluarkannya melalui anus.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Itu kenapa konsumsi susu setelah keracunan dikatakan baik. Dr. Ariani menambahkan, bila Anda memaksakan tubuh untuk menerima banyak asupan susu, maka dengan sendirinya rasa mual dan sakit perut itu akan muncul. Sebab, pada dasrnya, tubuh orang Indonesia setelah berusia 6 tahun, kemampuan penyerapan lactobasilus-nya berkurang.

"Secara logika, ketika susu masuk banyak ke tubuh, maka secara refleks tubuh Anda yang intoleransi lactobasilus akan merangsang sistem pencernaan mengeluarkan bagian yang ada di dalamnya. Hal tersebut tentunya mempercepat juga pengeluaran racun berbahaya yang tidak sengaja Anda telan," tuturnya.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Sebetulnya, tidak hanya zat berbahaya yang masuk lewat mulut. Bahan kimia berbahaya yang terhirup hidung pun tetap bisa diminimalisir dampaknya bila Anda mengonsumsi susu. Intinya, susu sebagai benteng di organ dalam berfungsi menahan penyerapan zat berbahaya. Sehingga, sistem pernapasan pun tetap terjaga dengan baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini