nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Mengatasi Insomnia, Coba Tukar Posisi Tidur Kepala Jadi di Kaki

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 18:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 18 481 1758549 trik-mengatasi-insomnia-coba-tukar-posisi-tidur-kepala-jadi-di-kaki-xNlES3eA4w.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

HAMPIR setiap orang rasanya pernah mengalami kesulitan untuk memejamkan mata di malam hari. Tapi, bila kondisi itu terjadi terus menerus berarti orang tersebut mengalami insomnia.

Insomnia memang harus diobati karena jika berlangsung dalam jangka waktu lama bisa membahayakan kesehatan tubuh. Biasanya cara yang dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah berkonsultasi ke dokter atau meminum obat tidur.

(Baca Juga: Susah Bedakan Bau Bensin dan Permen? Awas, Indikasi Awal Kepikunan)

Tapi, seseorang yang mengalami insomnia, Lindsey Weedston memiliki caranya sendiri untuk mengatasi masalah sulit tidur. Inilah cara-cara yang dilakukan Lindsey seperti yang dilansir dari Health, Jumat (18/8/2017);

Menuliskan kekhawatiran

Lindsey terkena insomnia karena sering dilanda kecemasan, pikiran negatif, dan terjadi secara tidak sadar. Jika hal ini terjadi, dia biasanya menuliskan apapun yang dia pikirkan di buku hariannya, bukan di komputer.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Ketika menulis di atas kertas, hal-hal yang ada di dalam pikirannya terutama pikiran negatif mengalir begitu saja. Tidak begitu lama, Lindsey akan langsung tertidur jika menuliskan pikirannya. Lindsey menyarankan agar tidak ada pikiran yang ditahan ketika sedang menulis. Dengan begitu pikiran akan menjadi lebih ringan dan tenang.

Masukkan tulisan ke dalam kotak

Bila sedang merasa sangat cemas dan tidak bisa tidur, setelah menuliskan apa yang ada di pikirannya, Lindsey akan memasukkan tulisan tersebut ke dalam kotak atau wadah lain sebelum tidur. Menurut Lindsey, mungkin hal itu konyol.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Tapi dia merasa dengan memasukkan tulisannya ke dalam kotak menghilangkan kekhawatirannya. Umpamanya kertas dalam kotak itu mengingatkan bahwa masalah itu tersimpan untuk esok hari sehingga dia bisa tidur dengan nyaman.

Bangun dari tempat tidur

Menuruti saran dari beberapa ahli, Lindsey biasanya akan bangun dari tempat tidurnya jika mata tak kunjung terpejam. Sebab, apabila memaksakan diri untuk tidur yang ada kecemasan akan bertambah parah. Dengan bangun dari tempat tidur, bisa dilakukan aktivitas untuk menghilangkan stres seperti mengelilingi tempat tidur atau hal lain yang tidak banyak menggunakan otak.

Tidur terbalik

Setiap orang tentunya sudah memiliki posisi favorit ketika hendak tidur. Ketika sudah berbaring tapi tak kunjung tertidur, cobalah berbalik dan menukar posisi kepala menjadi kaki. Begitu juga sebaliknya.

Meluapkan emosi

Sulit tidur bisa jadi dikarenakan memendam perasaan terlalu lama. Pikirkan kembali emosi apa yang sering dialami akhir-akhir ini lalu kemudian ekpresikan. Sebagai contoh, bila diselimuti perasaan sedih, cobalah untuk menangis. Pelepasan emosi adalah cara efektiif agar bisa tertidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini