nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: 7 Jamu Tradisional Penuh Khasiat, Beras Kencur, Kunci Suruh hingga Uyup-Uyup

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 20 Agustus 2017 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 18 481 1758724 okezone-week-end-7-jamu-tradisional-penuh-khasiat-beras-kencur-kunci-suruh-hingga-uyup-uyup-QDnVDx8FvF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAUH sebelum mengenal obat-obatan, masyarakat Indonesia sudah menggunakan jamu untuk mengobati penyakitnya. Jamu adalah obat tradisional yang berasal dari bahan-bahan alami.

Hingga kini, belum jelas darimana jamu berasal. Tapi banyak yang percaya bahwa jamu berasal dari Jawa Tengah. Bahkan di kabupaten Sukoharjo ada patung Jamu Gendong.

(Baca Juga: Susah Bedakan Bau Bensin dan Permen? Awas, Indikasi Awal Kepikunan)

Dilihat dari bahan dasarnya, masyarakat Indonesia mengenal berbagai macam jamu. Inilah macam-macam jamu yang telah dirangkum oleh Okezone, Minggu (20/8/2017);

1. Beras kencur

Banyak orang yang mengenal jamu macam ini. Beras kencur terdiri dari dua bahan pokok yaitu beras dan kencur. Bahan-bahan lain yang juga sering dicampurkan adalah kunyit, jahe, gula aren, asam jawa, dan kunir. Beras kencur memiliki sejumlah manfaat antara lain menghilangkan pegal, meringankan batuk, menghangatkan badan, mengatasi sakit perut dan diare, merawat kualitas suara, meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi.

2. Cabe puyang

Bagi masyarakat asli Jawa, nama cabe puyang pasti tidak asing terdengar. Cabe puyang termasuk dalam jenis rempah-rempah sehingga bisa juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat jamu. Jamu cabe puyang diyakini bisa menghilangkan pegal linu, menghindari kesemutan, mengobati demam dan sakit gigi, dan mengatasi kejang pada perut. Ibu hamil sering dianjurkan untuk meminum jamu ini karena memiliki khasiat untuk membersihkan rahim setelah melahirkan dan bayi agar tidak bau amis.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

3. Kudu laos

Bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi, ada baiknya Anda rajin minum jamu kudu laos. Jamu ini terbuat dari bahan-bahan seperti buah mengkudu, rimpang laos, merica, asam kawak, cabe jamu, bawang putih, garam, dan gula aren. Kudu laos bisa menurunkan tekanan darah, memperlancar peredaran darah dan menstruasi, menghangatkan badan, serta menghilangkan kembung.

4. Kunyit asam

Perempuan yang sudah mengalami menstruasi tentunya tidak asing dengan jamu ini. Kunyit asam adalah jamu yang dipercaya untuk memperlancar menstruasi dan menghilangkan bau amis. Terbuat dari kunyit, daun asam muda, temulawak, biji kedawung, dan air perasan jeruk nipik, kunyit asam juga memiliki khasiat lain. Sebagian besar tukang jamu mengatakan jamu ini bisa menyegarkan badan, megecilkan perut buncit, menurunkan berat badan, mencerahkan kulit, dan membantu meremajakan sel-sel kulit.

5. Kunci suruh

Kunci suruh atau yang dikenal juga dengan nama kunci sirih banyak diminum oleh perempuan karena bisa merapatkan organ intim, mengatasi keputihan, dan mengecilkan rahim. Selain itu, jamu ini juga bisa menghilankan bau badan, menguatkan gigi, dan melangsingkan perut. Bahan dasar untuk membuat jamu ini adalah temu kunci dan daun sirih. Tapi bisa juga dicampurkan dengan bahan lain seperti kencur,kayu manis, daun kapulaga, asam, dan gula merah.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

6. Pahitan

Berbahan dasar sambiloto dan bisa dicampur dengan brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule membuat rasa jamu ini sangat pahit. Tapi jangan salah, walaupun rasanya pahit, jamu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jamu pahitan bisa menghilangkan gatal-gatal, mengobati kencing manis, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, meningkatkan nafsu makan, mengatasi perut kembung, dan menjaga kesehatan kulit wajah.

7. Uyup-uyup / gepyokan

Para ibu menyusui yang ingin meningkatkan produksi ASI, coba rajin minum jamu ini. Khasiat lain yang bisa dirasakan adalah menghilangkan bau badan dan mengatasi kembung. Bahan dasar pembuat jamu ini adalah kencur, jahe, bengle, laos, kunyit, temulawak, puyang, daun katu dan temugiring.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini