nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hiii...Ada Makam di Bawah Laut, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 19 Agustus 2017 11:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 19 406 1758904 hiii-ada-makam-di-bawah-laut-bikin-bulu-kuduk-merinding-1xep0YhsIO.jpg Makam di bawah laut Florida (Foto: Deeperblue)

SEBUAH pemakaman lazimnya memang berada di daratan. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menyimpan jasad keluarga mereka yang telah tiada di sebuah rumah khusus, di gua-gua, bahkan di pohon.

Di manapun dimakamkan dan bagaimanapun ritual adat yang mengatur, itu semua merupakan bagian dari kebudayaan yang harus terus dilestarikan. Namun, berbeda dengan kebudayaan bangsa Indonesia, di Florida ada pemakaman yang tidak lazim letaknya.

(Baca Juga: Hore! Museum Antariksa Akan Ajak Pengunjung Saksikan Gerhana Matahari)

Bukan di daratan atau di kubur dalam tanah dengan peti mati, melainkan di bawah laut. Ya, Neptune Memorial Reef namanya. Saat menyelam untuk melihat dan menengok kerabat yang telah bersemayam, penyelam akan disambut oleh sebuah patung singa yang ditempatkan tepat di pintu masuk.

Patung singa tersebut seakan bertugas untuk menjaga taman pemakaman. Selain itu, penyelam juga akan melewati gerbang yang terkesan mistis ketika akan masuk ke dalam pemakaman. Gerbang itu melekuk ke atas dengan mewah namun horor da nada beberapa bagiannya yang sudah runtuh.

(Baca Juga: SHARE LOC: Ngobaran, Pantai di Yogyakarta dengan Sentuhan Nuansa Bali)

Pemakaman bawah laut yang dulunya bernama Atlantis Memorial Reef ini, berada di kedalaman 40 kaki atau setara dengan 12 meter di bawah permukaan laut. Jenazah yang dikremasi di tempatkan dalam wadah yang terbuat dari perunggu dan baja, yang sengaja dirancang untuk menciptakan lingkungan laut bagi ikan dan karang.

Para penyelam dapat menjelajahi atau mengunjungi orang yang mereka cintai tersebut sambil melihat ikan-ikan berenang ke sana ke mari, dikutip dari Atlas Obscura, Sabtu (19/8/2017).

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Kisah Kalisosok, Penjara Bawah Tanah yang Kejam di Surabaya)

Terletak sekira tiga mil atau setara dengan empat kilometer dari Pantai Key Biscayne, Miami, Florida, Neptune Memorial Reef dirancang oleh seniman asal Florida Kim Brandell. Taman pemakaman bawah laut tersebut pertama kali dibuka pada 2007 di lahan seluas 16 are, soal kesan mistis atau indah, Anda bisa buktikannya sendiri dengan langsung menyelam dan menjelajahi pemakaman antimainstream tersebut.

Pada 2012, ada sekira 14 spesies karang yang telah diidentifikasi. Kemudian, ada juga 195 koloni karang, beragam makhluk laut dan bahkan ada pula spesies landak laut yang diperkirakan telah punah, namun ditemukan tinggal di terumbu karang Neptune Memorial Reef.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini