Selain Menunda Kehamilan, Ternyata Ini 6 Manfaat Lain Penggunaan Pil KB pada Perempuan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 21 Agustus 2017 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 19 481 1758855 selain-menunda-kehamilan-ternyata-ini-6-manfaat-lain-penggunaan-pil-kb-pada-perempuan-jE7IEkEgrT.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

PASANGAN yang sudah menikah tentunya memiliki rencana masing-masing kapan waktu yang tepat untuk mereka mempunyai anak. Apabila pasangan tidak ingin langsung memiliki anak, biasanya istri akan meminum pil KB.

Tapi, selain untuk menunda kehamilan, ternyata pil KB membawa manfaat lain bagi perempuan. Dilansir dari Bustle, Senin (21/8/2017), inilah manfaat lain dari pil KB yang mungkin belum diketahui;

Menstruasi menjadi tidak terlalu sakit

Jika siklus menstruasi datang, banyak perempuan yang mengalami kram perut hebat sehingga rasanya menyakitkan . Dengan mengonsumsi pil KB, rasa sakit itu bisa dikurangi karena tubuh memproduksi lebih sedikit prostaglandin kimia yang membantu untuk melepaskan lapisan rahim yang tidak dibuahi.

(Baca Juga: Susah Bedakan Bau Bensin dan Permen? Awas, Indikasi Awal Kepikunan)

Menghilangkan sakit kepala saat menstruasi

Selain kram perut, sakit kepala juga sering muncul saat sedang menstruasi. Tentu rasanya tidak enak karena harus menahan rasa sakit akibat kram perut dan sakit kepala. Sakit kepala saat menstruasi biasanya terjadi karena penurunan estrogen. Perempuan yang meminum pil KB hormonnya menjadi lebih seimbang. Jadi sakit kepala bisa berkurang.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Membersihkan kulit wajah

Tak jarang pada saat menjelang menstruasi atau setelahnya wajah akan dipenuhi jerawat. Hal itu dikarenakan pengaruh hormon. Pil KB bisa membantu memperlambat produksi testosteron yang menyebabkan jerawat dan muka berminyak. Hal itu akan membuat kulit wajah terlihat lebih jernih.

Melindungi dari anemia

Siklus menstruasi membuat perempuan kehilangan banyak darah. Tak jarang kondisi itu menyebabkan anemia. Kurangnya sel darah merah bisa menyebabkan kelelahan, pusing, dan bisa jadi pingsan. Pil KB mengurangi gejala ini karena periode menstruasi menjadi lebih pendek sehingga tidak terlalu banyak darah yang dikeluarkan.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Menurunkan risiko kanker

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa penggunaan pil KB bisa menurunkan risiko kanker pada perempuan hingga 50%, terutama kanker ovarium. Risiko akan mulai mengalami penurunan ketika pil KB sudah digunakan 3-6 bulan. Kanker lain yang diturunkan risikonya adalah kanker payudara dan kanker serviks.

Meringankan gejala kondisi tertentu

Pil KB bisa mengatur keseimbangan hormon karena menurunkan kadar testosteron. Dengan begitu bisa menghilangkan sejumlah kondisi tidak mengenakkan seperti periode menstruasi yang tidak teratur, jerawat, dan kelebihan berat badan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini