TRAGIS! Pasien Leukemia Meninggal Usai Makan Tiram yang Terkontaminasi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 19 Agustus 2017 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 19 481 1758944 tragis-pasien-leukemia-meninggal-usai-makan-tiram-yang-terkontaminasi-dA7FumhL0L.jpg Jane meninggal usai makan tiram yang terkontaminasi (Foto: Dailymail)

MAKANAN beracun masih banyak ditemukan di pasaran. Kewaspadaan dan pengetahuan mengenai makanan tersebut sepertinya harus terus ditingkatkan. Apalagi pada mereka yang memiliki risiko kesehatan tertentu.

Begitu juga yang terjadi dengan Jane White Cunningham. Dia dinyatakan meninggal dunia setelah mengonsumsi tiram terkontaminasi. Kejadian tersebut membuat suaminya, David Cunningham, sedih tak berkesudahan.

(Baca Juga: Susah Bedakan Bau Bensin dan Permen? Awas, Indikasi Awal Kepikunan)

Sebab, kejadian tersebut terjadi saat mereka berdua sedang berlibur di Mississippi, Amerika Serikat. Saat itu, David mengajak istrinya tersebut untuk makan di salah satu restauran yang ada di wilayah tersebut. Nah, setelah mengonsumsi tiram yang dipesan, tubuh istrinya lalu bereaksi mengerikan.

"Ada banyak pembengkakan ekstrim di tubuh Jane dan rasa sakitnya kata Jane luar biasa," tulis suaminya, David Cunningham dalam sebuah unggahan di Facebook pada tanggal 8 Agustus.

(Baca Juga: CATAT! Anak dengan Kondisi seperti Ini Harus Tunda Imunisasi MR)

Jane sendiri adalah pasien kanker sel darah atau yang sering disebut leukemia sejak tahun 2016. Kontaminasi tiram beracun tersebut langsung membuat daya tahan tubuhnya melemah, sampai akhirnya Jane harus meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Jadi, setelah kondisi pembengkakan itu terjadi, Jane langsung dilarikan ke Rumah Sakit Gulfort Mississippi. Setelah diperiksa, Jane didiagnosis terinfeksi bakteri vibrio, yaitu bakteri yang biasa ditemukan dalam makanan laut mentah. Bakteri itu tergolong sangat berbahaya, khususnya bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti Jane.

(Baca Juga: Tinggalkan Roti, Sarapan Makan 8 Sayur dan Buah Ini Bikin Perut Kenyang Sampai Siang)

Dijelaskan di laman Fox News, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, bakteri ini menyebabkan 80 ribu penyakit dan 100 diantaranya meninggal dunia setiap tahunnya.

Kebanyakan bakteri ini menyerang antara bulan Mei sampai Oktober ketika suhu air lebih hangat dari biasanya. CDC menyarankan untuk tidak mengonsumsi tiram mentah ataupun setengah matang untuk menghindari infeksi bakteri vibrio.

"Upaya dokter saat itu adalah mengamputasi kedua kaki dan lengan kiri Jane. Itu dilakukan sebagai upaya menyelamatkan hidup Jane. Namun, semuanya telah berakhir. Jane sudah tidak ada lagi sekarang," tulisan David mengharukan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini